Ditemukan 'Hellboy' Dinosaurus Bertanduk Jenis Baru


Sabtu, 06 Juni 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Paleontolog baru-baru ini telah menemukan dinosaurus spesies baru sepupu dari Triceratops dengan mahkota spektakuler yang ada di atas kepalanya. Awalnya fosil ditemukan di sepanjang Sungai Oldman di tenggara Alberta oleh ahli geologi Peter Hews, sisa-sisa fosil kini telah diidentifikasi sebagai spesies baru yang mengesankan.

Spesies baru ini diberi nama Regaliceratops peterhewsi setelah diketahui bahwa dinosaurus tersebut memiliki semacam mahkota khas di kepalanya, maka dinyatakan bahwa dinosaurus ini merupakan spesies yang baru, dan termasuk sepupu dari Triceratops. Ia diperkirakan hidup 70 juta tahun yang lalu dan bahkan telah menerima sendiri julukan 'Hellboy' salah satu karakter dari buku komik dan film.

Ditemukan Hellboy Dinosaurus Bertanduk Jenis Baru
Rekonstruksi Regaliceratops peterhewsi 'Hellboy'
(Oleh Julius T. Csotonyi. Courtesy of Museum Tyrrell Royal, Drumheller, Alberta.)

Baca Juga:

"Penemuan ini menunjukkan bahwa kita mungkin masih butuh banyak cara untuk mengetahui keragaman yang lengkap spesies dinosaurus yang berasal dari Akhir jaman Kapur ini, dengan mengeksplorasi bagian barat Amerika Utara," kata Prof James Farlow.

Paleontolog percaya bahwa fosil ini termasuk dari nenek moyang langsung Regaliceratops, salah satu yang belum ditemukan, juga menunggu untuk ditemukan di suatu tempat di wilayah yang sama.

"Temuan ini memberitahu kita lebih banyak tentang jenis dinosaurus bertanduk yang hidup sebelum Triceratops," kata ahli paleontologi Andrew Farke. "Saya sekarang benar-benar penasaran untuk melihat keanehan lain yang mungkin telah ada pada waktu yang sama. Binatang baru ini merupakan titik data yang penting"

Ditemukan Hellboy Dinosaurus Bertanduk Jenis Baru
Tengkorak dinosaurus bertanduk baru.
(Photo courtesy of Royal Tyrrell Museum, Drumheller, Alberta. Photo by Sue Sabrowski)

Regaliceratops, mirip seperti Triceratops, adalah dinosaurus pemakan tanaman yang tampak sedikit seperti badak modern.

Sedangkan embel-embel mahkota dan tanduk yang ada di kepalanya itu sungguh mengesankan, sering digambarkan sebagai senjata untuk melakukan pertempuran dengan dinosaurus lainnya, namun, kemungkinan yang lain mahkota ini juga digunakan dalam menarik perhatian pasangannya.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

4 komentar:

  1. ini semacam artefaknya nya ya mas, wah masih ada jejak para hewan purba dinosaurus ini

    BalasHapus
  2. salam kenal sebelumnya mas, terimakasih sudah mampir dan salam blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, perasaan kita udh saling kenal deh... mungkin dgn nama yg lain, maklum nama bloggerku suka berubah2 alias byk... :D
      salam blogger jg mas

      Hapus