5 Aturan Diet yang Paling Penting


Jumat, 20 Februari 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Ada begitu banyak peraturan diet diluar sana yang saling bertentangan satu sama lain, ada yang bilang begini juga ada yang bilang harus seperti itu, sehingga akan sulit untuk menavigasi apa yang benar dan apa yang tidak. Namun, sebenarnya, ada beberapa aturan dasar yang memiliki hubungan erat terhadap makanan sehat yang harus Anda perhatikan. Sebab, tidak ada satupun dari mereka yang memberitahu jenis makanan apa yang harus Anda makan.

5 Aturan Diet yang Paling Penting

Baca Juga:

Nah, berikut ini adalah 5 aturan diet yang universal yang harus Anda ikuti.

1. Makan saat Anda lapar. Cukup logis, bukan? Namun, banyak orang berjuang untuk memperhatikan satu aturan sederhana ini. Mereka bahkan mengganti rasa lapar mereka ke makanan camilan yang justru jika terus-menerus dilakukan, sama halnya kita tidak melakukan diet. Memaksakan diri untuk makan berlebihan sementara belum waktunya tubuh memerlukan makanan justru akan membuat Anda tidak merasa nyaman. Alangkah baiknya, dengarkan sinyal tubuh Anda. Anda pasti akan merasakan sendiri kapan waktunya yang tepat Anda makan.

2. Berhenti makan ketika Anda tidak lagi lapar. Sebagian orang, terkadang memaksakan diri mereka saat makan. Bahkan ada sebuah peraturan, makanan diatas piring itu harus dihabiskan, jika tidak nanti hewan peliharaannya akan meninggal. Ah itu cuma mitos. Bagaimana jika Anda benar-benar sudah merasa kenyang? Jika Anda tidak dapat menyelesaikan makanan, jangan panik, sebab Anda akan dapat makan lagi sisanya besok! Itu jika makanannya tidak basi. Namun, untuk mencegah terjadinya makanan sisa, maka cara yang terbaik adalah mengisi piring Anda dengan porsi yang lebih kecil, atau menipu diri sendiri dengan menggunakan piring yang lebih kecil. Sebuah piring kecil penuh makanan lebih banyak menggoda daripada sepiring besar dengan porsi yang kecil.

3. Sesekali tidak makan, tidaklah apa-apa. Bagi muslim yang sudah terbiasa berpuasa di hari senin dan kamis, maka tidaklah akan kaget jika sesekali tidak makan. Puasa telah terbukti memberikan manfaat kesehatan. Lakukanlah puasa sesekali pada waktu-waktu tertentu bahkan jika Anda tidak merasa lapar. Dengan menunggu sinyal lapar dari tubuh Anda, hal ini membantu untuk menghindari makan yang berlebihan dan ngemil yang terlalu over dosis. Plus, ketika waktu makan akhirnya tiba, hal itu memungkinkan Anda untuk bisa merasakan nikmatnya makanan Anda.

4. Bermain dalam rasa. Cobalah sesekali untuk menantang lidah Anda dengan rasa yang baru. Dengan menggabungkan berbagai rasa membentuk rasa yang baru, rasa pedas dalam makanan Anda, mungkin membantu Anda keluar dari kebiasaan makan berlebih. Rempah-rempah yang kuat tidak hanya penuh dengan antioksidan, tetapi mereka juga memperlambat makan Anda dan memungkinkan Anda untuk mengalami dimensi yang lebih besar dari selera.

5. Nikmati diri Anda dalam berdiet. Semuanya harus dilakukan secara bertahap. Jangan hanya Anda memutuskan untuk berdiet. Maka Anda menjadi satu-satunya orang yang tersiksa. Mau makan ini, tidak boleh. Mau makan itu, juga tidak boleh. Anda tersiksa dengan semua larangan-larangan yang ada. Untuk itu nikmati diri, nikmati diet Anda. Sesekali Anda makan makanan yang dilarang itu tidaklah apa-apa. Belilah makanan favorit Anda, lalu nikmatilah sesekali. Bukan malah menjauhinya sama sekali yang dapat menyiksa Anda. Selama Anda menikmatinya dan mempertahankan kesadaran Anda tentang makan, Anda akan baik-baik saja.

Dalam diet, seharusnya tidak ada aturan keras tentang apa saja yang seharusnya Anda makan. Melainkan biasakan diri Anda untuk secara bertahap menghindari makanan yang dilarang. Anda harus melakukan apa yang tepat untuk Anda. Namun, penting untuk memiliki hubungan yang sehat dengan makanan Anda. Mengetahui bagaimana menafsirkan rasa lapar Anda sendiri dan menikmati makanan Anda adalah yang terpenting dalam setiap gaya hidup sehat.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

3 komentar:

  1. nah, yang ini nih yang lagi saya cari-cari mas.. makasih ya infonya

    BalasHapus
  2. setuju sob buat referensi diet, diet ga usah ketat dan hrs dinikmati diet itu

    BalasHapus
  3. @Fitriyana: sama2 mbak

    @Aditya: yup, bnr bgt sob..

    BalasHapus