Fakta Berdarah Mengerikan Tentang Alpukat


Rabu, 18 Februari 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Alpukat adalah makanan yang benar-benar spektakuler. Dikemas penuh dengan lemak baik, karotenoid, asam folat, dan ya, bahkan nutrisi untuk melawan kanker, ada yang berpendapat bahwa alpukat bisa menjadi makanan dunia yang paling sempurna. Hanya satu gigitan saja dari buah bersahaja ini, maka Anda akan merasa sulit untuk memperdebatkan manfaatnya.

"Tulisan ini adalah sebuah kisah tentang Alpukat, bukan tentang khasiat Alpukat, jangan salah tafsir" -red

Jika alpukat ternyata tampak begitu sempurna dalam kenyataannya. Namun, mungkin Anda belum pernah mendengar ada fakta berdarah yang mengerikan menjadi sisi gelap buah alpukat ini. Kisah ini pun baru saya ketahui sekarang. Dan mungkin belum banyak yang mengetahuinya.

Fakta Berdarah Mengerikan Tentang Alpukat

Pohon alpukat berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah, sehingga tidak mengherankan bahwa daerah ini masih menghasilkan sebagian besar pasokan alpukat di dunia. Di Mexico Barat, "perkebunan alpukat menempati tanah secara luas, dan deretan pohon yang tumbuh rendah menyerupai kebun zaitun Eropa selatan," tulis Jan-Albert Hootsen untuk Vocativ.com. Namun, pengaturan indah ini menunjukkan sesuatu dari sisi jahat perdagangan alpukat.

Baca Juga:

Di Michoacán, sebuah negara bagian di Meksiko barat, alpukat sering disebut sebagai oro verde, emas hijau, karena menghasilkan lebih banyak uang daripada tanaman-tanaman lainnya, termasuk ganja. Dan kapan saja ada uang yang dibuat, korupsi tidak jauh ada di belakangnya.

"Kartel obat yang dikenal sebagai Caballeros Templarios, Ksatria Templar, telah menyusup sektor alpukat, dan sekarang mengontrol perdagangan lokal, dari produksi hingga ke distribusi," tulis Hootsen. "Kartel berasal dari kelompok sebelumnya pengedar narkoba yang dikenal sebagai La Familia Michoacana ... tidak puas dengan lalu lintas ganja, kokain dan heroin, La Familia pun menyiapkan berbagai jaringan pemerasan di Michoacan. Bisnis alpukat adalah salah satu dari sasaran mereka.

"Sekarang, petani harus berurusan dengan pemerasan konstan, dan kenyataan bahwa Templarios bisa mengambil alih perkebunan mereka serta melakukan packing plant kapan pun mereka inginkan.

Kartel selalu mendapatkan apa yang diinginkan, baik dari petani alpukat dan badan-badan pemerintah yang seharusnya mengatur mereka. Melalui suap dan ancaman kekerasan, Templarios telah memperoleh akses ke daftar resmi petani, berapa banyak tanah yang mereka olah, dan berapa banyak yang mereka hasilkan. Dengan cara ini, para penjahat tahu persis berapa banyak uang untuk permintaan dari petani.

Fakta Berdarah Mengerikan Tentang Alpukat

"Setiap link dalam rantai produksi alpukat adalah kas untuk kartel, dari quadrilleros, atau pemetik (lembaga yang bekerja dipaksa untuk membayar $ 3.50 per pekerja setiap harinya), untuk mereka yang membeli, mengembangkan dan menjual perkebunan," tulis Hootsen. "Pemerasan itu tentu sangat menguntungkan. Di beberapa kota, hasilnya diperkirakan mencapai ke angka 3 juta dollar per tahun."

Bagian yang benar-benar mengerikan adalah bahwa tidak seperti obat-obatan dan perdagangan manusia (hiburan favorit kartel lainnya) namun kita semua bisa saja menjadi yang bersalah. Misalnya saja, jika ternyata ada ekspor alpukat Michoacán yang masuk ke negara kita, lalu setiap kali kita membuka salah satu buah hijau yang berharga ini, maka setiap kali kita mencelupkan chip ke dalam mangkuk guacamole, secara tak sengaja kita turut membantu untuk bahan bakar pengambil alihan kekerasan kartel industri alpukat di Meksiko.

Satu-satunya cara untuk menghindari menjadi bagian dari lingkaran setan ini adalah mencari alpukat yang tumbuh di dalam negeri saja, seperti Alpukat dari daerah Malang, Magetan, Mojokerto, ataupun Lamongan, hal ini untuk mendukung hak-hak petani di seluruh dunia.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

21 komentar:

  1. @Aditya Pratama: gak aneh kok sob, korupsi itu kan udh mendarah daging dimana2

    BalasHapus
  2. Wah ceritanya mirip film apa tuh yang pakai diamond2, tentang permata cantik dari afrika(atau mana ya lupa),untuk mendapatkannya ternyata dengan memeras warga lokal untuk kepentingan kelompok tertentu.
    ditunggu kunjungan baliknya mas.

    BalasHapus
  3. HAHAHA. ane kira beritanya tentang efek samping makan buah alpukat yang baru diteliti. hahaha

    BalasHapus
  4. judulnya lebay... gak ada darah2nya tuh..

    BalasHapus
  5. Bener juga...beli dan nikmati hasil kebun negara dan tanah sendiri akan merasa aman dan tidak akan berdarah...makasih bro

    BalasHapus
  6. Walah kirain alpukatnya bahaya bagi tubuh yang ngonsumsi..bikin deg..deg an saja ni postingan..!

    BalasHapus
  7. Artukel yg benar2 payah..
    Knpa nggak buat judul yang koheren sama isi nya..
    Cape dehhh..

    BalasHapus
  8. Jika tujuannya agar pembaca masuk ke link ini, mestinya tidak harus dengan judul yang sensasional seperti koran ibukota (dulu). Tulislah dengan gaya populer tapi tetap ilmiah agar pembaca berlanjut suka membaca. Salam

    BalasHapus
  9. ga nyambung nyet judul ma isi

    BalasHapus
  10. Yasalaam... kirain mengulas sisi efek sampingnya Neng. Humph... *ketipu.

    BalasHapus
  11. @All my best friend: kan diparagraf pertama sudah saya jelasin bahwa ini sebuah kisah sisi gelap tentang alpukat, dan soal darah itu memang byk pertikaian saling tembak menembak dalam perebutan perdagangan tersebut. kalo sekiranya Anda-anda merasa tertipu, ya mungkin apresiasi Anda aja yg terlalu berlebihan.
    Tolong dibaca sampai tuntas biar paham isi maksud yg saya sampaikan. thanks sebelumnya..

    BalasHapus
  12. saya rasa judul diatas gak bermasalah kok seperti yg diucapin komen lain. terkecuali judulnya seperti ini:
    "Fakta Berdarah Mengerikan Tentang Khasiat Alpukat"
    nah baru kita komplen deh abis2an..
    jd tolong ya, bagi yg merasa sinis dgn blog ini, saya sebagai pembaca setia yg akan membela, judul diatas sudah bener tuh, karena isinya memang bercerita tentang alpukat. dan ada peristiwa berdarah didalamnya seperti yg dijelaskan si penulis. mungkin kalian semua aja yang salah pandangan awal. dan saya yakin si penulis cuma ingin berbagi cerita.
    seharusnya kalian berterima ksh karena saya sudah baca dari sumber linknya bahwa kisah ini adalah kisah undercover, alias jarang ada yg tahu, dan si penulis mempertaruhkan segalanya untuk mengungkap hal ini kpd Anda. maaf saya marah kpd yg sinis dgn blog ini. lanjutkan mas bikin artikel yg lebih heboh lg.

    BalasHapus
  13. Inilah hebatnya ilmu komunikasi , siapapun dapat terbius oleh judul yg di sampaikan ? , contohnya kehebatan sesorang yg di lansir media , faktanya pada akhirnya akan terkuak apa yg di bayangkan oleh Pembaca tidak di peroleh he he he he he he, ......................brafo .....

    BalasHapus
  14. Wah agan/aganwati yg bikin judul postingnya kurang bahan nih atau emang yg diposting sebennrnya lagi promo iklan isi posting nih.,haha,aku terkejut.,.

    Warning! Tetap.,waspadalah, bang napi slalu mengintai .

    BalasHapus
  15. Info yang tidak mendidik dan pembodohan. Sangat memprovokasi untuk orang tidak menyukai alpukat, terutama bagi9 yang tidak membaca seutuhnya. Saya haraplain waktu kirimnannnyayang berbobot dan bermutu. Semoga..

    BalasHapus
  16. Oh... begitu ya, mulai skrg mari kt pke produksi dlm negeri sj yok.... Bismillah....

    BalasHapus
  17. wah baru tau saya. para mafia di mexico calon masuk neraka

    BalasHapus
  18. Di kampungku minta saja pasti dikasih

    BalasHapus
  19. wah... antara judul dan isi gak nymbung..
    berita itu harusnya lugas!
    judul dg isi harus direct berisat langsung dan to the point,.. karena buka novel....

    demikain membuat para pembaca viva jd semakin gka percaya saja

    BalasHapus