Misteri Kabut Asing yang Mengelilingi Mars


Selasa, 17 Februari 2015
Label:

[Sains Box] Para ilmuwan telah dibuat bingung dan menggaruk kepala mereka setelah melihat adanya fenomena aneh segumpal kabut yang muncul di atas ketinggian 1.000 km di planet Mars. Pertama kali kabut ini ditemukan oleh astronom amatir pada tahun 2012, kabut anomali tersebut diamati dua kali sebelum akhirnya menghilang.

Saat ini, setelah ilmuwan menganalisis semua data yang tersedia tentang fenomena tersebut, tetap saja mereka masih bingung. Dan belum bisa memutuskan secara pasti, kabut apakah itu?

Misteri Kabut Asing yang Mengelilingi Mars

Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa kabut itu bisa saja merupakan awan besar atau aurora terang, tapi bagaimana mungkin fitur tersebut dapat terbentuk dalam suasana atmosfir yang tipis. Disinilah letak misterinya.

Baca Juga:

Awan di Mars biasanya hanya terbentuk di bawah ketinggian 100 km dan untuk bisa membentuk anomali yang menjadi aurora akan memerlukan beberapa kali lebih kuat daripada yang telah diamati sebelumnya.

Misteri Kabut Asing yang Mengelilingi Mars

"Kita tahu di daerah ini di Mars, pernah ada aurora yang dilaporkan sebelumnya," kata Dr Garcia Munoz. "Tapi intensitas yang terjadi saat ini jauh lebih tinggi daripada aurora yang terlihat sebelumnya di Mars atau di Bumi. Ini akan menjadi 1.000 kali lebih kuat daripada aurora terkuat."

Para ilmuwan terus berupaya untuk menentukan kabut apa sebenarnya yang muncul secara misterius itu, akan tetapi ada satu hal yang mungkin bahwa pemahaman kita tentang atmosfer Mars saat ini mungkin saja salah.

"Ini menimbulkan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban," kata ilmuwan planet Antonio Garcia Munoz.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

(BBC)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

6 komentar:

  1. @Aditya Pratama: iya mas, tp tetep aja misteri tuh mas..

    BalasHapus
  2. mksh infonya mas, tp itu kabut jangan2 berasal dari pesawat alien mas...

    BalasHapus
  3. @Michael: ah kurang yakin jg sob, tp menurutku sih itu cm awan kali sob

    BalasHapus
  4. kaya nya artikel artikelnya ambil dari literatur yg bagus tapi menterjemahnya kurang pas, jadi bingung..........

    BalasHapus