Menguak Misteri Jantung Inti Planet Bumi


Rabu, 11 Februari 2015
Label:

[Sains Box] Para ilmuwan telah menemukan bahwa ada inti lain terletak jauh di dalam inti planet kita. Meskipun terletak tepat di bawah kaki kita, namun masih ada banyak hal yang kita tidak ketahui tentang bagian terdalam bumi.

Struktur interior yang diduga terdiri dari kerak, mantel, inti luar dan inti dalam ternyata masih belum mengungkap secara pasti apa lagi yang terdapat di bagian terdalam planet bumi.

Menguak Misteri Jantung Inti Planet Bumi

Baca Juga:

Jika kita membaca apa yang tertulis dalam novel terkenal karya Jules Verne berjudul "Journey to the Center of the Earth" dalam novel itu digambarkan bahwa bagian dalam planet bumi terdapat gua besar yang mengandung lautan yang luas, namun dalam kenyataannya seperti yang diungkap oleh para ilmuwan baru-baru ini mengatakan bahwa inti bumi adalah bola padat logam, dimana bisa diibaratkan seperti neraka panas yang memiliki suhu sama seperti di permukaan matahari.

Menguak Misteri Jantung Inti Planet Bumi
Profesor Xioadong Song

Menguak Misteri Jantung Inti Planet Bumi

Saat ini, para ilmuwan dari AS dan China telah menambahkan bab baru untuk pemahaman kita tentang interior planet bumi dengan mengungkapkan bahwa inti bumi sebenarnya mengandung sebuah inti yang lebih kecil sendiri yang terdiri dari berbagai jenis kristal besi dibandingkan kulit terluar inti dalam tersebut.

"Fakta bahwa kami memiliki dua wilayah yang jelas berbeda dapat memberitahu kita sesuatu tentang bagaimana inti telah berkembang," kata Profesor Xioadong Song dari University of Illinois.

"Ini mungkin memberitahu kita tentang bagaimana planet kita terbentuk, sejarah, dan proses dinamis lainnya dari Bumi."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

5 komentar:

  1. subhanallah .... Ilmu Allah tak akan pernah hbisnya walau dikeruk hingga dsar bumi ... :)

    BalasHapus
  2. wah, bahkan di bumi sendiri kita tidak tahu misteri yg ada di dalamnya, apalagi di alam semesta.
    Maha Besar Allah dg Segala Firman-Nya

    BalasHapus
  3. Gali aja terus Bumi ini... biar pada kwalat contoh kecilnya Lapindo lumpur

    BalasHapus