Asteroid Sebesar Gunung Mulai Mengancam Bumi


Kamis, 11 Desember 2014
Label:
Advertisement
[Sains Box] Asteroid Sebesar Gunung Mulai Mengancam Bumi

Seorang ilmuwan asal Rusia telah mengidentifikasi asteroid besar yang melintasi orbit bumi setiap tiga tahun. Ancaman terhadap Bumi dengan benda-benda yang berasal dari luar angkasa ini akan lebih diperhatikan kembali mulai tahun 2013 ketika sebuah meteor seukuran bus meledak di atas Chelyabinsk di Rusia.

Meskipun kerusakan yang terjadi saat itu sangat minim, namun bandingkan saja bagaimana jika ancaman batu luar angkasa yang menghantam bumi tersebut berukuran jauh lebih besar, tentunya akan berakibat lebih parah lagi. Hal inilah yang mendorong para ilmuwan untuk melakukan peningkatan upaya berburu asteroid dan berupaya menemukan cara untuk melindungi planet ini dari berbagai ancaman benda luar angkasa yang berskala lebih besar yang pernah ditemukan menuju ke arah bumi.

Baca Juga:

Asteroid Sebesar Gunung Mulai Mengancam Bumi

Saat ini, astrofisikawan Vladimir Lipunov dari Moskow State University telah mengungkapkan penemuan asteroid seukuran gunung yang muncul untuk menyeberangi orbit bumi setiap tiga tahun.

"Kita perlu untuk melacak asteroid ini secara permanen, karena terjadinya kesalahan kecil dalam perhitungan dapat memiliki konsekuensi yang serius," katanya.

Sementara ini, tampaknya tidak akan ada risiko tabrakan langsung, namun ia menekankan betapa sedikit yang kita ketahui tentang objek yang melintasi jalan planet kita secara teratur. Untuk itu perlu dilakukan penelitian lebih jauh lagi.

Asteroid Sebesar Gunung Mulai Mengancam Bumi
Meteor di Rusia

Bahkan asteroid yang relatif kecil pun dapat menyebabkan kerusakan meluas jika bertabrakan dengan bumi, dan ada ribuan orang dari mereka di luar sana yang tidak tahu apa-apa tentang hal itu yang bisa saja menjadi korbannya.

"Setiap hari selalu saja ditemukan asteroid yang baru," kata Natan Esmant dari Moskow Space Research Institute. "Para ilmuwan memiliki alat yang semakin canggih untuk melakukan pekerjaan ini, akan tetapi ada banyak yang masih harus dilakukan. Setiap objek yang melintasi jalan Bumi dapat menjadi ancaman potensial."

Kita harus selalu waspada...

Sekedar menambah kewaspadaan kita, yuk kita lihat video dari ancaman asteroid terhadap bumi kita tercinta di bawah ini:

VIDEO ASTEROID JATUH

Sungguh mengerikan... lihat kerusakan yang mereka timbulkan... semoga para ilmuwan akan lebih fokus lagi dalam memperhatikan hal ini.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar