Kecerdasan Buatan, Mengancam Umat Manusia


Jumat, 05 Desember 2014
Label: ,

[Sains Box] Fisikawan terkenal di dunia percaya bahwa kecerdasan buatan (Artificial Intelligence / AI) bisa menimbulkan ancaman bagi keberadaan kita, umat manusia.

Ide membangun mesin hidup dengan kecerdasan, telah dieksplorasi dalam buku-buku dan film selama bertahun-tahun, seringkali dengan hasil yang menghancurkan. Dalam film waralaba populer seperti "The Terminator" dan "The Matrix" misalnya, kemampuan manusia untuk menghasilkan komputer buatan yang cerdas telah dipastikan akan menyebabkan kehancuran bagi umat manusia.

Kecerdasan Buatan, Mengancam Umat Manusia

Sekarang ahli fisika Profesor Stephen Hawking telah mengajukan kekhawatiran yang menggemakan tema film-film ini dengan menyatakan bahwa upaya kita untuk menghasilkan mesin berpikir bisa menjadi bumerang bagi kita sendiri.

"Perkembangan kecerdasan buatan penuh bisa berarti akhir dari umat manusia," katanya. "Ini akan lepas landas dengan sendirinya, dan re-desain itu sendiri pada tingkat yang semakin meningkat. Manusia, yang dibatasi oleh evolusi biologis sangatlah lambat, tidak bisa bersaing dengan mereka, dan akan digantikan."

Kecerdasan Buatan, Mengancam Umat Manusia
Profesor Stephen Hawking

Namun di tempat lain, pengembangan mesin cerdas sedang dipuji sebagai terobosan yang berpotensi merubah dunia yang bisa memiliki efek positif pada semua kehidupan kita.

"Saya percaya kita akan tetap bertanggung jawab atas teknologi untuk waktu yang lama dan potensinya untuk memecahkan banyak masalah di dunia akan terwujud," kata Rollo Carpenter, pencipta web Cleverbot. Web dengan kecerdasan yang tinggi.


Bagaimana teknologi akhirnya akan berjalan? Masih harus dilihat, dan perlu pantauan yang serius.




sign


(BBC)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

1 komentar: