Upaya Ilmuwan Budidaya Tanaman Di Angkasa


Selasa, 25 November 2014
Label:
Advertisement
[Sains Box] Upaya Ilmuwan Budidaya Tanaman Di Angkasa

Para ilmuwan akan mencoba untuk menanam tanaman pangan di ruang angkasa sebagai bagian dari proyek penting mengungkap kehidupan di ruang angkasa. Diharapkan upaya ini dapat menghasilkan tanaman yang bisa tumbuh serta dibudidayakan di Bulan dan Mars. Ini merupakan misi yang panjang, yang membutuhkan penanganan serius dari para ilmuwan.

Program 10-tahun ini dipimpin oleh peneliti di Norwegia. Mereka akan mengembangkan berbagai jenis tanaman untuk ditanam di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) seperti tanaman tomat, selada, dan kedelai.

Proyek ini akan membantu para ilmuwan untuk lebih memahami seberapa baik tanaman pangan akan tumbuh di lingkungan tanpa bobot ruang dan untuk memastikan bagaimana mereka mungkin yang paling efektif digunakan untuk membantu mempertahankan kondisi pangan para astronot selama misi ruang angkasa jangka panjang.

Baca Juga:

Upaya Ilmuwan Budidaya Tanaman Di Angkasa

"Saya membayangkan bahwa kita dapat membentuk dasar untuk budidaya pangan di Bulan dan Mars suatu saat nanti," kata manajer riset Ann-Iren Kittang Jost dari Universitas Norwegia Sains dan Teknologi. "Ini hanya langkah awal saja. Saya tidak ingin menebak tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan sebelum mereka dapat digunakan dalam skala besar."

Salah satu hambatan terbesar dalam mempertahankan swasembada pangan yang berguna membentuk lingkungan layak huni bagi astronot adalah kebutuhan untuk mengangkut sejumlah besar pasokan dari Bumi, masalah ini dapat dihindari jika makanan dan oksigen bisa diproduksi secara langsung di ruang angkasa.

Upaya Ilmuwan Budidaya Tanaman Di Angkasa

"Salah satu tantangan besar adalah untuk mengelola jumlah air yang tepat dan nutrisi bagi tanaman di gravitasi kecil seperti itu," kata Kittang.

Namun, hal ini memang kemungkinan bisa dilakukan, hanya saja membutuhkan waktu yang cukup dalam penelitian hingga proyek untuk kehidupan masa depan ini bisa terwujud dengan sempurna.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(sky)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar