Plankton, Ditemukan Berada Di Luar Angkasa


Minggu, 24 Agustus 2014
Label:

[Sains Box] Ini memang mustahil, bagaimana bisa mikroorganisme plankton yang seharusnya hidup di lautan dan menjadi sumber makanan bagi banyak makhluk laut kini ditemukan berada di luar angkasa. Dengan cara bagaimana mereka bisa berada disana? Lalu, bagaimana mungkin mereka bisa bertahan hidup?

Seperti yang dilaporkan oleh kantor berita Rusia, bahwa telah ditemukan plankton laut berada di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Menurut Itar-Tass mengatakan bahwa para ilmuwan yang berada di stasiun ruang angkasa yang diluncurkan pertama kali pada tahun 1998 tersebut, telah menemukan plankton ketika mengambil sampel dari jendela.

Plankton, Ditemukan Berada Di Luar Angkasa

Lembaga menulis, menegaskan bahwa, “beberapa organisme ternyata dapat hidup di permukaan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) selama bertahun-tahun menghadapi faktor-faktor ekstrem seperti gravitasi nol, kondisi suhu dan radiasi kosmik yang sangat keras. Dari beberapa survei membuktikan bahwa organisme ini bahkan dapat berkembang biak.”

Baca juga>> Ikan Raksasa Terpotret Terbang di Antariksa

Ada yang berpendapat bahwa plankton tersebut memang tidak ikut serta pada saat peluncuran melainkan diperkirakan telah tertiup oleh arus udara di bumi.

Kepala ISS misi orbital dari Rusia, Vladimir Solovyev mengungkapkan pendapatnya tentang proses perjalanan plankton ini bisa sampai ke stasiun luar angkasa. Katanya, "hasil penemuan ini benar-benar unik. Menurutnya mikro-organisme laut ini mungkin telah “terangkat” ke stasiun di ketinggian 420 km pada saat ledakan peluncuran dari Kazakhstan. Plankton dalam tahap ini dapat ditemukan pada permukaan lautan, dan hal ini saat khas untuk keadaan Baikonur di Kazakhstan. Ini berarti bahwa ada beberapa arus udara yang mengangkatnya mencapai stasiun lalu menetap di permukaannya."

Bagaimana menurut sobat Sains Box, adakah penjelasan yang lebih masuk akal lagi untuk perjalanan plankton ini keluar dari bumi?

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

6 komentar:

  1. aneh juga ya , kalo emang kebawa ledakan ko bisa ya sejauh itu

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. @Nabil Fayadh: lbh aneh lagi kalo memang kena ledakan otomatis mati donk..

    BalasHapus
  4. jgn-jgn planktonnya bs terbang tuh, hihi..

    BalasHapus
  5. itu plankton emang byk akalnya ya, pantesan aja tuan scrab dibikin bingung ama ulahnya, kira2 pendapat spongebob gimna ya? hehehe :D

    BalasHapus
  6. @Fitriyana: haha, ada2 aja si mbak ini

    @Superhero: wah, nanti deh aku nanya squidwort dulu :D

    BalasHapus