Asteroid Pembunuh Dino, Ternyata Juga Menciptakan Amazon


Jumat, 09 April 2021
Label:
Advertisement
[Sains Box] Asteroid Pembunuh Dino, Ternyata Juga Menciptakan Amazon

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa asteroid yang memusnahkan dinosaurus juga melahirkan hutan hujan Amazon. Batuan luar angkasa yang menabrak Bumi pada akhir Zaman Kapur sekitar 66 juta tahun yang lalu ini tidak dapat disangkal sangat merusak, tetapi tanpanya, kehidupan di planet kita mungkin berubah menjadi sangat berbeda.

Sekarang sebuah studi baru oleh Carlos Jaramillo dari Smithsonian Tropical Research Institute di Panama, dan rekannya, telah mengungkapkan bahwa salah satu ekosistem terpenting yang kita lihat saat ini berutang keberadaannya setelah peristiwa yang memusnahkan sebagian besar kehidupan di Bumi adalah hutan Amazon.

Baca Juga:

Asteroid Pembunuh Dino, Ternyata Juga Menciptakan Amazon
Asteroid yang mungkin telah membunuh dinosaurus membuka jalan bagi hutan hujan Amerika Selatan yang subur
---------

Hutan hujan Amazon, yang mencakup lebih dari 5,5 juta kilometer persegi itu, telah menjadi tempat yang sangat berbeda sebelum asteroid menghantam.

"Jika Anda kembali ke hari sebelum meteorit jatuh, hutan akan memiliki kanopi terbuka dengan banyak pakis, tumbuhan runjung, dan dinosaurus," kata Jaramillo.

"Hutan yang kita miliki saat ini adalah hasil dari satu peristiwa 66 juta tahun yang lalu."

Ada beberapa kemungkinan alasan untuk perubahan ini - salah satunya adalah matinya dinosaurus pemakan tumbuhan besar yang pernah memakan dan menginjak-injak bagian bawah hutan.



Abu yang jatuh mungkin juga berfungsi sebagai semacam pupuk, membantu jenis tanaman tertentu untuk tumbuh subur.

"Kami menyukai cara akhirnya, hutan yang sangat beragam, sangat kompleks secara struktural ini, tetapi saat ini, kami hidup melalui kepunahan massal yang disebabkan oleh manusia dan, sekali lagi, seluruh ekosistem sedang diatur di jalur yang berbeda," kata Bonnie Jacobs dari Universitas Metodis Selatan di Texas.

"Dalam kasus hutan hujan, kami mungkin menyukai produk akhirnya, tetapi semua hewan yang hidup di Zaman Kapur tidak."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

12 komentar:

  1. Sudah lama tidak berkunjung ke blog ini.. Menarik membaca science tentang alam semesta sebelum ada manusia. Dinosaurus punah akibat hantaman asteroid lalu menciptakan suatu hutan raksasa. Semoga silaturahim dan sharing ilmu di dunia blog ini terjaga walau hanya sebatas blogwalking. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. semoga silahturahmi qt trs terjaga meski hanya lwt sharing ilmu pengetahuan di blog ini ya mas.. pa kbr mas Vicky semoga ttp sehat selalu.. aamiin

      Hapus
    2. Alhamdulillah sehat. Semoga tetap saling support dan semakin sukses blognya. Aamiin

      Hapus
    3. Aamiin... gmn puasanya mas, smoga blm bolong2 ya.. hehe.. :D

      Hapus
  2. wah, anakku seneng nih kalo baca tentang sains begini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. silahkan mbak anaknya disuruh baca2 diblog ini. InsyaAllah info sains terupdate akan disajikan disini.

      Hapus
    2. Sip, kemarin pas VC (karena dia lagi nginep di rumah kakeknya) udah aku kasih liat blog ini dan dia penasaran sih.. Mudah2an bisa secepatnya baca krna laptopnya aku bawa pulang kmrn wkwkwk. Terima kasih sudah berbagi info, ya kak..

      Hapus
    3. wah, seneng bgt kalo ada yg ngefans ama blog ini terutama yg suka sama Sains, soalnya jarang bgt org2 yg menyukai Sains. Pdahal dari Sains itu kita dpt byk info yg bermanfaat. oke mksh mbak udh infoin blog ini ke anaknya... saya jd pengen tau orangnya.. salam aja deh buat anaknya. :))

      Hapus
  3. Hutan yang kita miliki saat ini adalah hasil dari satu peristiwa 66 juta tahun yang lalu >>>>> Wah ... berapa generasi itu ya? Samlam kenal, Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho mbak Nur qt udh kenalan kok.. ini blog adminnya msh sama dgn blog Penghuni60. Disini saya menjelma jd Sains Box... blog ini khusus bahas Sains. :))

      Hapus
  4. Oh karena asteroid raksasa yang membunuh Dino itu jadi ada hutan Amazon yang lebat ya. Kira-kira kalo ngga ada asteroid itu gimana ya bumi jadinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin kalo gak ada asteroid itu, gak bakal ada juga Aquaman dan Bathman mas... dan yg paling parah lagi, gak bakal lahir tuh yg namanya Wonder Woman... secara dia kan asalnya dari Amazon.

      Hapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.