Teknologi Baru Ini Terinspirasi Dari Spider-Man


Kamis, 20 November 2014
Label: ,

[Sains Box] Kini, para ilmuwan telah berhasil kembangkan sistem teknologi baru yang canggih yang dapat memungkinkan seseorang untuk memanjat dinding kaca dengan cara merayap layaknya tokoh superhero Spider-Man.

Para peneliti yang bekerja untuk militer AS telah membuat sebuah desain yang didasarkan pada seekor tokek. Dimana seekor tokek mampu merayap di tempat manapun bahkan diatas permukaaan yang halus seperti kaca. Hal ini karena tokek menggunakan bulu pada kaki mereka yang terbelah dalam ukuran nano, sehingga mampu mencengkeram dengan sangat kuat.

Teknologi Baru Ini Terinspirasi Dari Spider-Man


Teknologi ini pun terinspirasi dari Spider-Man yang juga dapat merangkak di dinding. Mekanisme teknologi ini seperti panjat tebing dengan menggunakan dua bantalan tangan yang terbuat dari silikon tertutup yang dapat membantu tangan untuk berpegang pada permukaan apapun sama seperti kaki tokek, alat yang ada pada telapak tangan bertumpu pada tekanan, saat tekanan terjadi maka teknologi mikronya akan bekerja melekatkan pengguna ke permukaan kaca.

Untuk membantu pengguna dalam mengangkat tubuhnya secara vertikal yaitu menggunakan tiang logam yang terhubung satu set dengan bantalan yang ada pada telapak tangan. Otomatis gerak kaki akan seirama dengan gerak tangan. Sehingga mirip seperti tokek yang sedang merayap.

Teknologi Baru Ini Terinspirasi Dari Spider-Man

"Sayangnya teknologi 'pakaian spider' ini mengabaikan beberapa masalah dasar ergonomis," kata insinyur Mark Cutkosky. "Setiap orang pasti memiliki kekuatan yang jauh lebih besar di kaki mereka daripada di tangan mereka."

"Oleh karena itu kami pikir perlu sebuah sistem di mana tangan yang digunakan harus secara lembut dan perlahan menempel dan melepaskan ubin perekat. Sebuah sistem kabel dan link transfer beban ke kaki harus berirama."

Penasaran seperti apa alat itu? Cek videonya berikut ini:



Mungkin teknologi ini baru permulaan, beberapa tahun ke depan, siapa tahu baju Spiderman benar-benar akan bisa di buat secara sempurna dan nyata. Luar biasa!




sign


loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar