Terjebak 8 tahun dalam lingkaran waktu deja vu


Kamis, 22 Januari 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Ini mungkin merupakan kasus paling aneh dari deja vu yang pernah tercatat. Dimana seseorang seakan-akan merasakan dirinya mengulangi waktu secara terus menerus. Sehingga ia akan merasa terjebak dalam lingkaran waktu yang berputar tersebut.

Yang menjadi korbannya adalah seorang mahasiswa yang berusia 23 tahun. Nama mahasiswa itu belum diungkapkan. Selama 8 tahun ia mengalami sebuah sensasi kuat telah melakukan hal-hal yang menurutnya terulang kembali, sebelum akhirnya ia menemukan dirinya hampir tidak bisa berfungsi dan harus drop out dari universitas.

Terjebak 8 tahun dalam lingkaran waktu deja vu

Baca Juga:

Perasaan yang ia rasakan menjadi begitu kuat bahwa ia terpaksa berhenti berpartisipasi dalam beberapa kegiatan sehari-hari, jika tidak, bisa berbahaya seperti menonton televisi, membaca buku atau mendengarkan radio. Dia menggambarkan semua itu merasa seolah-olah ia terjebak di dalam lingkaran waktu seperti dalam film Bill Murray, Groundhog Day.

Walaupun kebanyakan dari kita akan mengalami setidaknya beberapa tingkat deja vu selama hidup kita, ada kemungkinan bahwa perasaan ini bisa keluar dari kontrol pada pasien yang menderita kondisi neurologis yang sudah ada seperti demensia atau epilepsi lobus temporal.

Dalam hal ini seberapa luas scan otak pun menunjukkan tidak ada bukti dari setiap masalah.

Intip Juga:

"Bukan sekadar perasaan terbiasa yang mengganggu yang biasanya terkait dengan deja vu, namun subjek kita mengeluh bahwa ia merasa seperti dia benar-benar mengambil pengalaman sebelumnya dari memori, bukan hanya merasa pernah mengalami saja," kata Dr Christine Wells, seorang ahli psikologi dari Sheffield Hallam University.

"Ini bisa menjadi contoh kasus psikogenik Deja vu yang tercatat pertama, yang merupakan proses deja vu yang dipicu oleh kecemasan daripada kondisi neurologis seperti demensia atau epilepsi."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

12 komentar:

  1. saya jg pernah mas ngalamin yg namanya dejavu, tp gak berulang2 seperti itu..
    filmnya blm pernah nonton

    BalasHapus
  2. masih kurang begitu faham dari maksud artikel ini mas.
    hal itu betul terjadi apa cuman dalam film sih mas wawan?
    koq bisa ya sampai 8 tahun

    BalasHapus
  3. @Fitriyana: saya juga pernah mbak.. pd suatu kondisi seolah2 kita pernah melakukannya gitu..
    saya sering malah..

    @Yanto: itu kisah nyata mas, sayangnya nama mahasiswa itu tdk dipublikasikan utk menjaga privasinya. kalo mas penasaran, kisahnya hampir mirip dgn film yang aku tulis itu.

    BalasHapus
  4. Iya saya juga merasakan dimana aku merasakan hal l yang sama,,dengan kondisi yang sama,tapi gak tahu knpa begitu ya,

    BalasHapus
  5. @Khaira Nasywa: nah, itu yg namanya deja vu mbak, karena sebenarnya garis hidup manusia itu sudah ditulis oleh Tuhan dalam memori kita, sehingga begitu kita menyadari ada hal yg aneh, saat itu mungkin kebocoran informasi dari memori kita.

    BalasHapus
  6. Jawaban yg paling tepat adalah reinkarnasi.
    Dejavu terjdi karena dalam kehidupan sebelumnya kita pernah mengalami hal serupa, dan semua pkirian masa lalu kita tersimpan di alam bawah sadar. Anda bisa membuka alam bawah sadar anda dengan dbantu metode hipnoterapi, dan anda bahkan bs tau seperti apa anda dulu.

    Pernakah anda membenci seseorang yang bahkan belum anda kenal? Atau sebaliknya?
    Pernakah anda mengenal lokasi suatu tempat, padahal anda blm pernah ke tempat tsb?
    Pernakah anda melihat seorang anak kecil yang sangat mahir dalam suatu hal?

    Semua itu karena kita pernah mengalaminya di kehidupan kita sebelumnya.

    BalasHapus
  7. saya juga sering mengalami deja vu bahkan hampir tiap hari. tempat yg sama, waktu yg sama, posisi yg sama. Hayo tebak saya lagi ngapain...??

    BalasHapus
  8. @Fikhian: kira2 kehidupan sebelumnya itu, kita hidup dijaman apa ya sob?

    @Orang Deli: mmm, garuk2 kpala
    gi ngupil ya sob? hehehe...
    gak tau ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di zaman ap aj sob, bisa 500tahun yg lalu, ato mungkin 1000tahun yg lalu.

      Nih, kebetulan ketemu artikel http://m.liputan6.com/health/read/2178701/meski-sekarang-kristen-bisa-jadi-di-masa-lampau-hindu?photo=769406

      Jdi dengan memahami reinkarnasi/tumimbal lahir, diharapkan kita malah lebih bisa respect sm org lain/ tidak ada SARA lgi. Bisa sj kita yg skg kristen di kehidupan sblmny kita muslim, atau kita yg sekarang putih, dikehidupan sblmny hitam.

      Kalo pengen tau lebih lagi, di coba aja dengan hipnoterapi, dngn membuktikannya sendiri kt bs lbh memahami nya sob. :D

      Hapus
    2. Ah di agama islam tidak ada ajaran reinkarnasi. Atau rekarnasi(re:kembali . kar: karena nasi: makan jadi kembalu karena makan) hehehe

      Hapus
    3. @Heru Sudrajat: hehe, kalo kyk gitu sih berarti bikin laris warung nasi donk sob... hehe

      Hapus
  9. @Fikhian: wah, sepertinya kamu punya pengetahuan byk tentang reinkarnasi ya sob? oke, mksh infonya menambah wawasanku lagi.
    Tapi kalo sekiranya kita ini reinkarnasi org jaman dulu, berarti kehidupan ini terus berputar tanpa henti ya sob? apakah sampe kiamat baru berhenti?

    BalasHapus