Sadar Lagi Setelah Koma Selama 12 Tahun


Kamis, 15 Januari 2015
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Ini kisah nyata. Setelah terjebak ke dalam koma pada usia 12 tahun, Martin Pistorius tidak bangun lagi selama lebih dari satu dekade.

Martin Pistorius telah menjalani kehidupan normal di Afrika Selatan. Pada bulan Januari 1988, ia kembali ke rumah dari sekolah mengeluh bahwa ia telah menderita sakit tenggorokan. Kesehatannya terlihat memburuk, ia pun akhirnya didiagnosis mengidap penyakit cryptococci meningitis dan TBC otak, suatu kondisi yang akhirnya membuat dia masuk dalam keadaan koma.

Dia tetap seperti itu selama 12 tahun lamanya.

Sadar Lagi Setelah Koma Selama 12 Tahun

Orang tuanya tanpa pamrih merawatnya walau dalam kondisi suram, selalu berharap bahwa ia mungkin akhirnya akan sadar kembali. Suatu hari, aromaterapi Pistorius ternyata membuahkan hasil. Ada tanda-tanda petunjuk halus bahwa ia mungkin menyadari apa yang sedang terjadi, ia tersenyum nyaris tak terlihat menatap dan dia bereaksi terhadap hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Saat itulah keyakinan bahwa ia sudah sadar mulai diketahui.

Baca Juga:

Kunjungan ke Pusat augmentatif dan Komunikasi Alternatif di University of Pretoria menegaskan bahwa kesadarannya memang kembali dan kondisinya terus membaik. Tak lama, ia pun cukup baik untuk belajar bagaimana membaca dan menulis dan bisa berkomunikasi menggunakan sistem komputer suara sintetis khusus yang mampu ia operasikan.

Saat ini usianya sudah 39 tahun, Pistorius memiliki pekerjaan di sebuah pusat kesehatan dan bahkan sudah menikah. Kisahnya, yang ditulis dalam kata-katanya sendiri, adalah subjek dari buku terlaris, yang berjudul "The Ghost Boy".

Sadar Lagi Setelah Koma Selama 12 Tahun

Dari semua yang dia alami, hal yang paling terjebak dalam pikirannya ketika ia melewati hari-hari terbaring di tempat tidur itu adalah mengulangi tak berujung salah satu acara televisi anak-anak yang terkenal.

"Aku bahkan tidak bisa mengungkapkan kepada Anda betapa aku membenci Barney," katanya.

Anda tahu kan sosok cerita anak Barney?

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. 12 tahun koma, wah jadi inget kisah ashabul kahfi yang tidur 3o6 tahun di dalam gua. kyaknya aku pernah dengar tentang peniduran orang secara ilmiah tapi lupa, tolong di share dong

    BalasHapus
  2. @Ainur Samael: setahu aku sih, memakai cara "cryo" yaitu dengan menurunkan suhu tubuhnya, atau menruhnya dalam ruang yang teramat dingin. apa itu yg kamu maksud? nanti deh aku cari

    BalasHapus