Smartphone Dapat Mengubah Aktivitas Otak


Sabtu, 03 Januari 2015
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa penggunaan touchscreen jangka lama, seperti pada smartphone atau tablet kemungkinan dapat mengubah aktivitas otak Anda.

Penelitian ini membandingkan aktivitas otak pada pengguna smartphone dan orang-orang yang masih berpegang pada ponsel lama mereka. Apa yang mereka temukan memberitahu kita tentang banyak hal, bagaimana ketika otak kita beradaptasi manakala kita melakukan sesuatu yang berulang-ulang. Otak pengguna smartphone merespon lebih ketika jempol atau jari lainnya tersentuh. Otak mereka telah beradaptasi dengan yang baru, kegiatan yang dilakukan berulang-ulang membuat otak mereka lebih responsif terhadap ujung jari mereka.

Smartphone Dapat Mengubah Aktivitas Otak

Ini bukan studi yang pertama kali, melihat bagaimana perilaku berulang menimbulkan perubahan pada aktivitas otak. Para peneliti telah mempelajari bagaimana otak seorang musisi merespon secara berbeda, misalnya, karena jam praktek dan permainan musik mereka. Apa yang unik tentang penelitian ini adalah bahwa hal itu bisa sangat spesifik. Karena peneliti bisa menggunakan smartphone untuk melacak apa yang menunjuk orang-orang gunakan, seberapa sering, dan untuk berapa lama, mereka bisa menunjukkan hubungan antara penggunaan dan aktivitas otak.

Smartphone Dapat Mengubah Aktivitas Otak

Kita tahu bahwa jenis kegiatan berulang memiliki kemampuan mengubah fungsi otak kita, tapi penulis studi Arko Ghosh dari University of Zurich dan ETH Zurich di Swiss mengatakan, "Saya benar-benar terkejut dengan skala perubahan yang diperkenalkan oleh penggunaan smartphone . Saya juga terkesan oleh berapa banyak variasi antar-individu dalam sinyal otak terkait pada jari mereka yang bisa hanya dijelaskan dengan mengevaluasi log smartphone. "

Baca juga:

Ghosh dan timnya menyimpulkan bahwa otak kita yang terus berubah, bagaimana mereka memproses rangsangan, setidaknya dari tangan kita. Perangkat digital kita telah mengubah otak kita setiap kali kita menggunakannya. Apakah itu hal yang baik atau hal yang buruk adalah pertanyaan untuk penelitian lebih lanjut.

Penulis penelitian menunjukkan bahwa pasti ada kelemahan fisik untuk penggunaan touchscreen berat. Sama seperti duduk di meja sepanjang hari dapat menyebabkan masalah seperti carpal tunnel syndrome, begitu pun penggunaan layar sentuh berat dapat menyebabkan rasa sakit dan bahkan otot atau kerusakan saraf.

So, apakah Anda pengguna smartphone? Waspada akan hal itu...





sign


Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar