Perisai Tak Terlihat Yang Melindungi Bumi


Sabtu, 29 November 2014
Label:
Advertisement
[Sains Box] Perisai Tak Terlihat Yang Melindungi Bumi

Seperti yang kita ketahui, hanya planet Bumi yang memiliki kehidupan. Sementara planet-planet yang lain tidak memungkinkan untuk dapat dihuni. Hal ini menimbulkan banyak sekali pertanyaan bagi para ilmuwan, apakah benar hanya planet Bumi saja yang berpenghuni? Jika iya, mengapa?

Hal ini juga yang memicu para astronom semakin gencar melakukan berbagai penjelajahan luar angkasa dan penelitian demi mencari kehidupan lain selain di planet Bumi. Namun, diluar dari itu semua, sepertinya planet Bumi ini merupakan planet satu-satunya yang memiliki pelindung. Dimana pelindung tersebut akan melindungi semua isi yang ada diplanet Bumi.

Baca Juga:

Perisai Tak Terlihat Yang Melindungi Bumi

Mengapa dikatakan demikian? Karena belum lama ini, para ilmuwan telah mengidentifikasi sebuah perisai tak terlihat ada di sekitar planet kita yang melindungi kita dari elektron mematikan.

Ini mungkin terdengar seperti sesuatu yang keluar dari film Star Trek, akan tetapi para ilmuwan dari University of Colorado Boulder telah mengungkapkan penemuan adanya kekuatan atau bidang alam yang ada di dalam sabuk radiasi Van Allen, dua donat berbentuk cincin diisi dengan elektron dan proton yang mengelilingi planet ini (Bumi).

Penghalang tak terlihat ini, yang terletak sekitar 7.200 kilometer di atas Bumi, tampaknya mencegah elektron berenergi tinggi yang dapat mencapai atmosfer planet.

Perisai Tak Terlihat Yang Melindungi Bumi

"Ini hampir seperti tesis elektron yang berlari ke dinding kaca di ruang angkasa," kata Profesor Daniel Baker. "Agak seperti perisai yang dibuat oleh medan gaya seperti yang ada di film Star Trek yang digunakan untuk mengusir senjata alien, kita melihat sebuah perisai tak terlihat menghalangi elektron tersebut."

Sebelumnya ia berpikir bahwa interaksi bertahap dengan molekul udara bertanggung jawab untuk mencegah partikel berenergi tinggi ini mencapai Bumi.

"Ini adalah fenomena yang sangat membingungkan," kata Prof. Baker.

Namun, fenomena yang membingungkan ini mungkin merupakan sebuah anugerah dari Tuhan yang mengungkapkan betapa Ia sangat menyayangi planet kita. Sehingga tanpa kita sadari, perisai tak terlihat akan selalu melindungi Bumi terhadap serangan apapun yang belum lama ini juga diisukan akan menyerang planet kita.

Kita berharap saja bahwa itu adalah benar. So, mari kita jaga planet tercinta kita ini.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar: