Fenomena Sungai Awan Di Grand Canyon, USA


Kamis, 29 Mei 2014
Label:

[Sains Box] Ketika suhu atmosfir terbalik dari keadaan biasanya, serta udara dingin terperangkap di permukaan bumi melalui udara hangat di atasnya maka keadaan ini dikenal dengan peristiwa "inversi suhu".

Hal ini bisa ditemukan pada sebuah peristiwa terciptanya kabut putih di atas Grand Canyon, Amerika Serikat, yang biasanya terjadi pada akhir November. Peristiwa ini sangatlah langka, dan hanya terjadi sekali saja dalam satu dekade. Orang-orang biasa menyebut peristiwa di Grand Canyon ini dengan sebutan "Fenomena Sungai Awan".

grand canyon

grand canyon-2

grand canyon-3

Bagaimana fenomena ini bisa terjadi?

Umumnya, suhu udara di atmosfir jatuh pada ketinggian yang lebih tinggi, semakin tinggi ketinggian sebuah tempat, maka suhu udaranya akan semakin turun. Hal ini karena sebagian besar energi matahari diubah menjadi panas di tanah, yang akhirnya menghangatkan udara di permukaan bumi. Kemudian udara hangat akan naik ke atmosfir, dimana ia akan mengembang serta menjadi dingin. Ketika inversi suhu terjadi, suhu udara benar-benar meningkat di ketinggian yang paling tinggi. Ketika posisi udara hangat berada di atas udara dingin akan bertindak seperti sebuah tutup, yang mana udara hangat ini menjebak udara dingin beserta kabut di permukaan dan mencegahnya untuk naik. Maka terciptalah fenomena sungai kabut, dimana kabut tersebut tidak bisa naik ke atas.

grans canyon-4

grand canyon-5

grand canyon-6

grand canyon-7

Wow, menakjubkan sekali sungai awan itu ^_^




sign


loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar