Planet Asing Di Luar Sistem Tata Surya Kita


Kamis, 18 Februari 2010
Label:

[Sains Box] Jagad raya ini begitu luas. Saking luasnya sehingga para ilmuwan dalam bidang astronomi terus mencari dan menemukan hal-hal yang baru. Tentunya Tuhan tidaklah menciptakan alam semesta ini hanya berisi Bumi, Matahari, dan planet-planet yang kita kenal saja. Mungkin saja diluar sana ada kehidupan atau dunia yang ber-penghuni sama dengan dunia kita, hanya saja kita masih belum bisa menjangkaunya.

Berdasarkan dalam hal ini, para ilmuwan di bidang astronomi berusaha mencari dunia-dunia baru selain dunia yang kita kenal. Dan ternyata berkat kecanggihan teknologi pada jaman sekarang yang semakin maju, lambat laun mulai terungkap sedikit demi sedikit dunia-dunia yang berada di luar tata surya kita.

Berikut ini akan saya tampilkan 10 dari begitu banyaknya dunia asing yang paling luar biasa yang berada di luar sana yang berhasil ditemukan oleh para pengamat astronomi. Yang pertama kali ditemukan di antara lebih dari 400 planet yang berada di luar tata surya kita, dimulai dengan dunia asing yang pertama yaitu diberi nama 51 Pegasi b adalah planet yang pertama kali ditemukan di orbit yang mengelilingi sebuah bintang normal selain Matahari. Ditemukan pada tahun 1995.



Exoplanet terkecil namun dikenal sebagai jagoan yang berkuasa dari sebagian besar planet yang seukuran Bumi adalah Gliese 581 e. Bisa dibilang terkecil karena memiliki massa yang hanya 1,9 kali massa Bumi, sehingga dikenal sebagai planet asing yang paling ringan.



Planet yang terbesar yang pernah ditemukan adalah juga salah satu yang paling aneh dan secara teori seharusnya tidak pernah ada, para ilmuwan memberinya nama Dubbed TrES-4, ukuran planet ini sekitar 1,7 kali ukuran Jupiter dan milik subclass kecil dari apa yang disebut planet yang memiliki kepadatan sangat rendah. Planet ini terletak sekitar 1.400 tahun cahaya dari Bumi dan mengitari bintang induknya hanya dalam tiga setengah hari.



Planet yang terdekat adalah Epsilon Eridani b orbit Matahari oranye seperti bintang hanya 10,5 tahun cahaya dari Bumi. Hal ini memungkinkan bagi teleskop kita untuk dapat mengambil foto dikarenakan jarak yang begitu dekat dengan kita. Planet tersebut mengorbit terlalu jauh dari bintang, sehingga tidak mendukung adanya air atau cairan kehidupan seperti yang kita tahu, tapi para ilmuwan memprediksi ada bintang lainnya dalam sistem yang mungkin kandidat yang baik untuk kehidupan asing.



The Strangest Alien Vulkanik Nightmare Planet. Planet ini bernama COROT-7b, planet berbatu yang pertama yang dikonfirmasi berada di luar tata surya kita, tetapi tidak terlihat nyaman untuk tempat tinggal. Planet ini terlihat seperti neraka bersuhu 4.000 derajat Fahrenheit (2.200 derajat Celsius). Mungkin juga hujan batu dan menjadi inti dari sebuah gas raksasa yang menguap.



Karena terlihat banyak Matahari yang terbenam, planet ini jadi mirip seperti Planet Tatooine di dalam film Star Wars yang menjadi tempat tinggal bagi Luke Skywalker's dimana diceritakan bahwa planet Tatooine mempunyai dua matahari, hanya saja hal itu tak berarti jika dibandingkan dengan planet ini yang mirip Jupiter, berjarak 149 tahun cahaya dari Bumi. Planet ini memiliki tiga matahari, dengan bintang utama mirip massa matahari kita sendiri. Triple-sistem bintang yang dikenal sebagai HD 188.753. Seperti Tatooine, planet ini mempunyai kemungkinan cukup panas. Disebabkan planet ini mengorbit sangat dekat dengan bintang utama, dengan rentang waktu mengorbit selama 3,5 hari.



Exoplanet yang termuda sudah ditemukan dalam orbit Coku Tau 4, sebuah bintang 420 tahun cahaya. Astronom menyimpulkan, kehadiran planet ini dari lubang besar di disk yang berdebu dalam sabuk bintang. Lubang ini berkisar 10 kali ukuran orbit Bumi mengelilingi Matahari dan mungkin disebabkan oleh planet yang membersihkan ruang dalam debu karena mengorbit bintang.



Planet tertua yang diketahui adalah sebuah dunia purba 12.7 milyar tahun yang terbentuk lebih dari 8 milyar tahun sebelum bumi dan hanya 2 miliar tahun setelah Big Bang. Penemuan ini memberi kesan planet sangat umum di alam semesta dan mengangkat prospek bahwa hidup dimulai jauh lebih cepat daripada yang pernah dibayangkan kebanyakan ilmuwan.



Para astronom menemukan banyak dunia sekarang, dalam kategori dunia yang disebut Super-Bumi, yang berada diantara 2 dan 10 kali massa Bumi kita sendiri. Sebuah dunia yang bernama HD156668b adalah yang terkecil kedua setelah Gliese 581 e. Beberapa ilmuwan dunia berpikir planet seperti itu bisa lebih rentan terhadap kondisi-kondisi untuk membentuk kehidupan, karena intinya begitu panas dan kondusif untuk vulkanik serta lempeng tektonik.



Sebuah planet yang disebut WASP-12b adalah planet terpanas yang pernah ditemukan (sekitar 4.000 derajat Fahrenheit, atau 2.200 derajat Celsius), dan mengorbit bintangnya lebih dekat daripada dunia yang dikenal lainnya. Bintang ini mengorbit selama satu hari Bumi pada jarak sekitar 2 juta mil (3,4 juta km). WASP-12b adalah planet gas, sekitar 1,5 kali massa Jupiter, dan hampir dua kali ukuran. Jarak planet ini sekitar 870 tahun cahaya dari Bumi.



Kesepuluh planet tersebut di atas berada di luar sistem tata surya kita. Para Astronom peneliti diperkirakan masih terus mencari dan menemukan planet-planet lain atau dunia asing lainnya.

Akankah mereka bisa menemukan Bumi yang kedua?

Bersambung ke sini >> Planet Asing Di Luar Sistem Tata Surya Kita (part 2)








loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

4 komentar:

  1. Subhanallah begitu indah ciptannya.. kenapa masih juga ada yang gak percaya akan kebesaranNya ya

    BalasHapus
  2. Postingan yg bagus sobat.. itu akan menambah ketebalan iman kita kpd sang maha pencipta

    BalasHapus
  3. Allahuakbar, yg menciptakan alam begitu megahnya...

    BalasHapus