Planet Asing di Luar Sistem Tata Surya (part 2)


Sabtu, 20 Februari 2010
Label:
Advertisement
[Sains Box] Planet Asing di Luar Sistem Tata Surya (part 2)

Di postingan saya yang sebelumnya, saya sudah menjabarkan tentang 10 planet asing yang berhasil dideteksi oleh para pengamat astronom. Hal ini membuktikan bahwa begitu banyaknya planet-planet atau dunia asing yang berada jauh dari dunia kita yang mungkin juga masih lebih banyak lagi yang belum terdeteksi.

Kali ini saya ingin kembali menjabarkan 10 planet lagi yang sudah terdeteksi keberadaannya. Sepuluh planet yang lebih luar biasa dari pada yang kita kenal.

Yang pertama yang ingin saya perkenalkan adalah planet yang terdingin dan terjauh dengan suhu -364 derajat Fahrenheit (-220 derajat Celsius), yang dikenal sebagai planet ekstrasurya OGLE-2005-BLG-390L b adalah kemungkinan dunia asing yang paling dingin. Planet ini 5,5 kali lebih besar dari Bumi dan dianggap berbatu, mengorbit bintang katai merah sekitar 28.000 tahun cahaya, sehingga planet ini dikenal sebagai planet ekstrasurya yang paling jauh sekali.



WASP-18b adalah sebuah planet yang terancam dalam bahaya. Ketika dapat diamati oleh para astronom, kemungkinan mereka telah melihatnya di kosmis saat sebelum kematiannya. Planet ini mengitari bintangnya dalam waktu kurang dari satu hari Bumi. Para ilmuwan berpikir bahwa kecepatan ini jika digabungkan dengan bobot planet serta entakan gravitasi yang kuat maka akan dapat mengubah orbit planet-planet. Jika planet ini mengorbit bintangnya lebih cepat daripada berputar, maka secara bertahap akan bergerak ke dalam arah mataharinya, dan jika itu terjadi maka planet ini pun berakhir dengan kematiannya. WASP-18b adalah planet yang naas.



Akhirnya para astronom berhasil mendeteksi adanya beberapa exoplanet yang memiliki atmosfer, salah satunya adalah yang diberi nama HD 189733b. Glowing metana, yang dapat diproduksi secara alami atau mungkin sinyal biologis produk sampingan, telah terdeteksi di planet ini. Ini adalah kemajuan yang pesat, dalam rangka menemukan Bumi kedua.



Waterworld Planet, planet ekstrasurya GJ The 1214b adalah planet berbatu yang kaya akan air yang berada sekitar 40 tahun cahaya. Planet ini mengorbit sebuah bintang katai merah. Planet ini adalah satu-satunya planet berair dari sekian planet ekstrasurya yang dikenal, yang mana memiliki massa antara Bumi dan Neptunus. Ukuran planet sekitar tiga kali ukuran Bumi dan sekitar 6,5 kali lebih besar. Para peneliti berpendapat ini mungkin dunia air dengan pusat yang solid.



SWEEPS-10 adalah planet tercepat yang mengorbit bintangnya. Jarak orbit planet ini terhadap bintang induknya berjarak hanya 740.000 mil, begitu dekat sehingga satu tahun di planet ini terjadi setiap 10 jam. Wow, bayangkan jika dibandingkan dengan Bumi! Planet ekstrasurya ini adalah milik kelas baru zippy exoplanets atau disebut periode pendek ultra-planet, yang mengorbit kurang dari satu hari.



XO-3b adalah planet yang memiliki kemiringan orbit yang berbeda dengan planet-planet pada umumnya. Sebagian besar orbit planet adalah sesuai dengan garis khatulistiwa bintang induknya. Tapi XO-3b ini memiliki kemiringan orbit 37 derajat dari ekuator bintangnya. Satu-satunya planet yang kita kenal yang memiliki orbit miring yang aneh adalah Pluto, hingga penurunan pangkat ke status planet kerdil. Namun ternyata masih ada juga, sebuah planet yang diketahui mengorbit terbalik di sekitar bintang induknya.



Sementara Neptunus memiliki diameter 3,8 kali Bumi dan massa 17 kali bumi, planet yang dikenal sebagai Super-Neptunus ini (dinamakan HAT-P-11b) adalah 4,7 kali ukuran Bumi dan memiliki 25 massa Bumi. Dunia yang baru ditemukan ini mengorbit sangat dekat dengan bintangnya, berputar sekali setiap 4,88 hari. Sebagai hasilnya, planet ini pun terpanggang pada suhu sekitar 1.100 derajat F. Bintang induknya sendiri adalah sekitar tiga perempat ukuran matahari kita dan agak dingin.



HAT-P-1 adalah sebuah planet yang lebih ringan dari bola gabus. Planet ini sekitar setengah dari besar planet Jupiter tapi sekitar 1,76 kali lebih luas-atau 24 persen lebih besar daripada yang diperkirakan oleh teori. Diperkirakan planet ini bisa mengapung jika berada di air, kalau ada bak yang cukup besar untuk menampungnya.



Salah satu dari beberapa planet dalam sistem bintang Gliese 581, yang disebut Gliese 581 d, kemungkinan salah satu yang paling dikenal yang ber-penghuni atau bisa dihuni. Orbitnya berada pada jarak yang tepat untuk keberadaan air secara potensial berada di permukaannya. Air adalah unsur kunci bagi kehidupan seperti yang kita ketahui. Gliese 581 adalah bintang kerdil merah 20,5 tahun cahaya dari Bumi. Ini adalah sekitar 8 kali massa Bumi, dan terletak di orbit tepat untuk keberadaan air cair. Apakah ini Bumi kedua?



Salah satu planet yang terpadat adalah COROT-exo-3b. Planet ini hampir seukuran dengan Jupiter, hanya saja planet ini memiliki massa 20 kali planet Jupiter (lihat perbandingannya digambar bawah), sehingga dua kali lebih padat. Ilmuwan tidak mengesampingkan bahwa COROT-exo-3b mungkin sebuah bintang katai cokelat, atau bintang yang gagal.



Lengkap sudah apa yang ingin saya ceritakan kepada kalian. Semoga informasi ini bermanfaat buat semua. Saya cuma bisa menjabarkan 20 planet saja. Selebihnya belum diketahui mengenai data detailnya. Bayangkan, sudah lebih kurang sebanyak 400 planet sudah ditemukan, dan hal itu tidak menutup kemungkinan akan lebih banyak lagi yang ditemukan, tentunya seiring dengan kemajuan teknologi di jaman sekarang.

Kembali sebuah pertanyaan terlontar,

"Akankah kita bisa menemukan Bumi yang kedua?"

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. menurut sy sih bang, sy jg yakin kalo Bumi kedua itu psti ada, hnya sj sprt yg abang bilang,msh blm trjngkau oleh qt.
    keep posting bang!
    nice info...

    from: stone

    BalasHapus
  2. Begitu indahnya alam semesta..
    Begitu agung sang pencipta.

    BalasHapus