6 Fakta Mengejutkan Tentang Mata Anda


Kamis, 18 Desember 2014
Label: ,

[Sains Box] Mata adalah salah satu dari pancaindera kita yang paling vital. Karena tanpa mata, kita tidak dapat melakukan aktifitas apapun. Bahkan, keindahan dunia ini tidak akan dapat kita nikmati. Untuk itu, menjaga kesehatan mata menjadi salah satu hal yang wajib kita lakukan.

Terlepas dari itu semua. Selain fungsi mata sebagai organ untuk melihat. Ternyata mata juga bisa memberikan gambaran kepada kita mengenai kondisi kesehatan seseorang. Itulah mengapa, seringkali, ketika kita memeriksakan kesehatan, dokter terlebih dulu melihat mata kita. Percaya atau tidak, mata adalah organ yang paling kompleks dalam tubuh manusia.

6 Fakta Mengejutkan Tentang Mata Anda

Nah, berapa banyak yang Anda ketahui tentang mata Anda? Berikut beberapa fakta menarik tentang mata Anda:

1. Mata Anda mengatakan banyak tentang kesehatan Anda

Seperti yang sudah disinggung diatas. Mata itu bercerita. Ia dapat memberikan informasi kesehatan dari si pemiliknya. Mulai dari informasi adanya penyakit AIDS, sampai tekanan darah tinggi, dokter mata dapat mengetahui lebih banyak tentang keadaan kesehatan Anda hanya dengan melihat mata Anda.

2. Mata Anda yang paling banyak bergerak

Otot-otot yang mengontrol mata Anda adalah yang paling aktif di seluruh tubuh, dan, bisa dibilang, yang terkuat.

3. Makeup Anda mungkin tidak baik untuk mata Anda

Dari kornea tergores hingga infeksi mata, kosmetik bisa saja dapat menyebabkan kerusakan serius pada kesehatan mata Anda. Make-up impor kadang-kadang dapat mengandung pewarna dan bahan kimia lainnya yang dilarang untuk digunakan. Maka berhati-hatilah dalam menggunakan makeup.

4. Mata Anda sangat elastis dan kuat

Mata adalah organ menakjubkan yang paling kuat. Dengan perlindungan kelopak mata dan bulu mata, lapisan lemak, otot, dan kulit, serta 3 lapisan jaringan pada mata itu sendiri, itu benar-benar melindungi bola mata Anda dari kerusakan. Kebanyakan goresan kecil akan dapat sembuh dalam beberapa hari saja atau kurang, lebih cepat dari kulit Anda.

5. Mata Biru dan Hijau adalah (relatif) pengembangan terbaru

6 Fakta Mengejutkan Tentang Mata Anda

Selama hampir semua sejarah manusia, setiap orang di planet ini memiliki mata berwarna cokelat. Para ilmuwan berspekulasi bahwa hal itu tidak ditemukan hingga 6.000-10.000 tahun yang lalu ketika mata biru mulai muncul. Diperkirakan hal itu terjadi karena adanya mutasi yang muncul hanya pada satu orang, kemudian tersebar hingga di sebagian besar Eropa timur dan tengah.

6. Apa yang Anda pikirkan tentang mata, belum tentu benar

Misalnya, ada yang bilang, jangan terlalu banyak membaca, karena bisa menyebabkan mata kurang sehat. Itu salah. Membaca, atau kegiatan apapun yang memerlukan banyak fokus mata, sebenarnya tidak buruk bagi mata Anda sama sekali.

Itulah sekelumit tentang fakta mata yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya.

“Mata adalah jendela jiwa, dari mata kita bisa tahu segala informasi tentang tubuh kita.”

So, jagalah mata...





sign


Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

2 komentar:

  1. Setujuuuu... bukankah cinta jg datangnya dari mata trs turun ke hati, hehe

    BalasHapus
  2. kirain yang mata biru itu pakai soflen

    BalasHapus