Manfaat Mengejutkan dari Biji Hemp


Kamis, 29 Januari 2015
Label: ,

[Sains Box] Apa itu hemp? Sebagian besar dari kita mungkin akan menyamakan tanaman hemp dengan tanaman ganja. Mengapa demikian, karena hemp memang berasal dari genus cannabis. Akan tetapi, hemp seharusnya berbeda dengan tanaman ganja. Namun, tetap saja di negara kita semua jenis tanaman yang berasal dari tanaman Cannabis Sativa L. itu dilarang keras sebagai sejenis tanaman narkotika. Untuk itu, kemungkinan informasi penting tentang manfaat dari biji hemp ini tidak banyak yang mengetahuinya.

Perbedaan yang jelas antara hemp dan ganja itu terdapat pada kadar THC yang dikandungnya. Hemp memiliki kadar THC yang rendah jika dibandingkan dengan ganja. Sehingga zat kimia THC pada hemp yang bisa membuat mabuk ini memiliki efek memabukkan yang rendah, berbeda dengan ganja. Hal ini berdasarkan pada hasil tes narkoba yang sudah dilakukan oleh para peneliti yang membandingkan kedua jenis tanaman tersebut.

Manfaat Mengejutkan dari Biji Hemp

Akan tetapi, tetap saja pandangan orang-orang sudah tertutupi oleh bayang-bayang ganja. Sehingga orang-orang tidak menyadari ada manfaat kesehatan yang mengejutkan pada biji hemp.

Seperti yang diungkapkan oleh seorang penulis buku “The Plant Powered Diet” yang bernama Sharon Palmer mengatakan bahwa biji hemp dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi kita, sebab dalam biji hemp mengandung Omega-6 dan Omega-3, serta asam lemak esensial yang berguna untuk kesehatan jantung. Juga berkaitan erat dalam pencegahan peradangan (anti inflamasi). Biji dapat dikonsumsi bersama-sama dengan makanan lain, seperti salad, makanan pencuci mulut, sereal, yogurt, dan roti. Biji hemp juga merupakan bahan dasar untuk membuat mentega, bubuk protein, susu, dan sabun.

Baca Juga:

Sayangnya, seperti yang sudah dijelaskan dalam undang-undang narkotika di negara kita, tanaman ini tetap dilarang baik diproduksi untuk obat kesehatan maupun dalam bentuk apapun. Padahal jika melirik dari sisi kesehatan, biji hemp mengandung banyak manfaat, dan merupakan sumber protein nabati lengkap nomor kedua setelah kedelai.

Manfaat Mengejutkan dari Biji Hemp

Untuk Anda yang belum tahu apa saja manfaat kesehatan yang terkandung dalam biji hemp, berikut 5 manfaat diantaranya:

  • 1. Sebagai sumber protein dan serat, sehingga berguna untuk memperlambat pencernaan, yang mencegah lonjakan gula darah dan karena itu biji hemp dapat menopang energi tubuh Anda.
  • 2. Ketika ditaburkan di sereal atau buah saat sarapan, protein dan seratnya juga membantu membuat Anda kenyang, yang nantinya akan mencegah Anda dari ngemil dan membuat diet Anda berjalan dengan baik.
  • 3. Asam lemak Omega-6 yang terkandung didalamnya dapat merangsang kulit dan pertumbuhan rambut, menjaga kesehatan tulang, mengatur metabolisme, dan membantu fungsi otak.
  • 4. Asam lemak Omega-3 yang terkandung didalamnya dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, menurunkan tekanan darah, dan bahkan mungkin mencegah penyakit Alzheimer. Biji hemp adalah salah satu dari beberapa Omega-3 yang ditemukan dalam sumber tumbuhan.
  • 5. Asam amino esensial yang terkandung pada biji hemp dapat meningkatkan kontrol otot, fungsi mental, dan pemeliharaan sel tubuh yang normal, jaringan, otot tubuh dan organ lainnya.

Terlepas dari semua stereotipe buruk yang sudah bersarang di masyarakat, biji hemp merupakan sumber manfaat kesehatan yang sudah terabaikan. Sehingga untuk membuatnya dikenal secara baik pada orang-orang sangatlah sulit. Setidaknya, dengan adanya informasi ini, Anda jadi lebih tahu, bahwa hemp dengan ganja itu sangat berbeda.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

1 komentar:

  1. wah dalam bikihemp terkandung omega 6 dan 3, tentu berguna untuk kesehatan tubuh dong, ganti ah jangan make ganja, mendingan pake biji hemp aja, pasti lebih murah kan harganya ya kang?

    BalasHapus