NASA Ingin Mengirim Helikopter ke Mars


Selasa, 10 Februari 2015
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Sebuah pesawat helikopter tak berawak akan dikirim ke Mars oleh NASA untuk membantu mengekplorasi setiap medan di permukaan Mars serta mencari tempat-tempat menarik sebagai bahan penelitian.

Namun, salah satu masalah yang dihadapi adalah saat menavigasi pesawat tersebut di permukaan Planet Merah yang memiliki medan tidak merata penuh dengan pegunungan, batu-batu dan parit-parit. Data dari satelit yang mengorbit dapat membantu untuk mengisi beberapa kesenjangan dalam apa yang ada di depan tapi masih ada pengganti untuk memiliki cara menjelajah permukaan.

NASA Ingin Mengirim Helikopter ke Mars

Baca Juga:

Dalam mengatasi masalah ini, NASA mengusulkan penggunaan pesawat helikopter tak berawak khusus yang bisa menemani rover Mars dan membantu untuk menavigasi hambatan dan menentukan tempat untuk dieksplorasi.

Menerbangkan alat tersebut di permukaan Mars menimbulkan sejumlah tantangan. Tidak hanya ada masalah pada suasana kepadatan rendah planet tapi helikopter juga harus cukup ringan untuk dapat lepas landas, juga harus cukup kuat untuk bertahan hidup dalam lingkungan yang keras.

NASA Ingin Mengirim Helikopter ke Mars

"Ada tantangan untuk bisa menjaga seluruh massa dari sistem pesawat yang kecil ini, jangan sampai kita tidak menguasai kemampuan untuk mengangkat sistem ini," kata JPL roboticist, Bob Balaram.

"Hal itu harus otonom, agar pesawat tetap bisa terbang dan menjaga penerbangan agar stabil."

Semoga saja proyek ini bisa berjalan dengan baik.

Ingin lihat video pesawat helikopternya seperti apa? Klik disini.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

1 komentar: