Wortel tidak membantu Penglihatan Lebih Baik


Kamis, 25 Desember 2014
Label:

[Sains Box] Makan banyak wortel akan meningkatkan penglihatan Anda, benarkah? Tidak persis, American Chemical Society (ACS) menjelaskan dalam sebuah video baru. Intinya: Wortel dapat berkontribusi secara umum untuk kesehatan mata secara keseluruhan, tetapi mereka tidak akan mencegah Anda dari membutuhkan kacamata.

Seperti yang dijelaskan dalam video ACS, wortel mengandung beta karoten, yang diproses tubuh menjadi vitamin A. Vitamin ini baik untuk mata, tapi banyak makanan lain yang juga memilikinya, termasuk kacang polong, melon, bayam, selada, bahkan keju. Jika Anda sudah makan diet seimbang, maka, wortel tidak akan membuat banyak perbedaan dalam penglihatan. Jadi bagaimana bisa wortel mendapatkan reputasi sebagai faktor penting untuk penglihatan? Jawabannya kembali ke Perang Dunia II.

Wortel tidak membantu Penglihatan Lebih Baik

Lihat video ACS tentang wortel berikut ini:

VIDEO WORTEL

Ada satu cerita menyatakan bahwa pilot Inggris selama perang tidak mau mengungkap keberadaan radar yang membantu mereka "melihat", dengan demikian militer membuat sebuah rumor bahwa makan wortel menjelaskan tiba-tiba meningkatkan kemampuan pilot untuk menembak jatuh pesawat pembom musuh di malam hari. Mitos ini tidak hanya mengelabui Nazi: Publik Inggris pun percaya.

Departemen Pangan Inggris meluncurkan kampanye propaganda mengatakan bahwa makan banyak wortel dapat membantu mereka melihat lebih baik selama pemadaman listrik, dan legenda dapur pun akhirnya lahir, dimana wortel menjadi ikon penting untuk memperbaiki penglihatan.

Akan tetapi, mulai sekarang juga Anda buang jauh-jauh mitos tersebut, wortel itu sama baiknya dengan makanan lain yang mengandung vitamin A, jadi jangan segera menyingkirkan kacamata Anda dalam waktu dekat hanya karena Anda mengunyah wortel.

Perlu diketahui, kini teknologi mulai semakin maju, bahkan orang yang buta sekali pun bisa melihat lagi hanya dengan bantuan sebuah mata bionik.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

2 komentar:

  1. wah, wah, baru tau, ternyata rumor wortel itu karena dari seorang tentara yang membual.
    haha.

    BalasHapus
  2. @JIM: hehe, iya JIM, ternyata kurang asem jg tuh pilot, tp hebat bs ngecoh NAZI

    BalasHapus