Manfaat Luar Biasa Terkandung Dalam Wortel


Sabtu, 07 Februari 2015
Label:

[Sains Box] Anda suka makan wortel? Akhir-akhir ini, saya suka sekali memakan wortel secara langsung, dan saya merasakan sendiri manfaatnya pada tubuh saya. Bagi yang tidak suka, kemungkinan memakan wortel secara langsung akan muntah, sebab memang rasanya ada yang manis ada juga yang tidak bahkan terasa 'eneg' di tenggorokan.

Namun, terlepas dari itu semua, wortel ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Diantaranya berguna untuk kulit, mata, sistem pencernaan dan gigi. Jika sebelumnya Anda membenci wortel, maka saya sarankan mulai sekarang juga cobalah menyukai wortel.

Manfaat Luar Biasa Terkandung dalam Wortel

Baca Juga:

Wortel memang sering digunakan sebagai tambahan dalam melezatkan berbagai masakan, seperti sup, salad, bahkan jus.

Ingin tahu apa saja kandungan yang ada dalam wortel? Ini dia:

1. Beta karoten: Wortel merupakan sumber yang kaya antioksidan kuat ini, beta karoten dapat dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh untuk membantu menjaga kesehatan kulit.

2. Kalium: Wortel merupakan sumber potasium yang baik, yang dapat membantu menjaga kadar sodium yang sehat dalam tubuh, sehingga membantu untuk mengurangi tingkat tekanan darah tinggi.

3. Kesehatan Gigi: Wortel membunuh kuman berbahaya di mulut dan membantu mencegah kerusakan gigi.

4. Pencernaan: Wortel meningkatkan air liur dan pasokan mineral penting, vitamin dan enzim yang membantu pencernaan. Makan wortel secara teratur dapat membantu mencegah ulkus lambung dan gangguan pencernaan lainnya.

5. Karotenoid: Wortel kaya akan karotenoid, dapat digunakan dalam tubuh kita untuk membantu mengatur gula darah.

6. Fitonutrien: Di antara banyak phytochemical yang bermanfaat dalam kandungan wortel adalah phytonutrisi yang disebut falcarinol, yang dapat mengurangi risiko kanker usus besar dan membantu menjaga kesehatan usus besar secara keseluruhan.

7. Unsur Alkaline: Wortel kaya akan unsur alkali, yang memurnikan dan merevitalisasi darah serta menyeimbangkan rasio asam / basa tubuh.

8. Mata, rambut, kuku dan banyak lagi! Nutrisi dalam wortel dapat meningkatkan kesehatan mata, kulit, rambut, kuku dan membantu untuk mendetoksifikasi sistem dalam tubuh anda serta membangun sel-sel baru.

9. Luka: wortel mentah atau yang diparut dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan luka, dan peradangan.

10. Fiber: Wortel kaya akan serat larut, yang dapat mengurangi kolesterol dengan mengikat bentuk LDL (jenis yang tidak kita inginkan) dan meningkatkan HDL (jenis kebutuhan tubuh kita) serta untuk membantu mengurangi pembekuan darah dan mencegah penyakit jantung.

Manfaat Luar Biasa Terkandung dalam Wortel

Ada lebih banyak alasan untuk menikmati wortel yang renyah, tanpa menghiraukan rasanya yang agak hambar. Tapi tidak sedikit juga wortel yang memiliki rasa yang manis. Saran saya carilah wortel yang segar, yang belum tua, biasanya wortel yang masih muda itu akan terasa manis. Tapi jika Anda tidak suka memakannya langsung, bisa dibuat dalam bentuk jus. Nikmatilah sesuka Anda, karena sudah tidak diragukan lagi manfaat wortel untuk kesehatan memang luar biasa.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

5 komentar:

  1. sy termasuk suka makan wortel mentah -mentah loh ,,,palg yg mash seger, rasanya manis ,,,, :)

    BalasHapus
  2. @Fiu: sama sob kyk ane.. :D langsung digrogotin aja ya sob, enak tuh kriuk kriuk

    BalasHapus
  3. mantap gan kunjung balek
    nich halaman untuk promosi blog sobat, jadi bisa terindex oleh goole

    http://www.atodaynews.ml/2015/02/tips-ter-index-dengan-cepat-dengan-link.html

    BalasHapus
  4. @Permana agung: terima kasih..

    BalasHapus
  5. Saya dan anak-anak suka wortel. Dimakan mentah juga ok, ternyata fungsi wortel tak hanya untuk kesehatan mata saja.

    BalasHapus