Makanan Untuk Menyehatkan Gigi dan Gusi


Sabtu, 15 November 2014
Label:

[Sains Box] Kita semua tahu bahwa perawatan mulut itu penting, dan perawatan mulut bisa dilakukan dari luar yaitu dengan menyikat gigi dan flossing. Akan tetapi, perawatan mulut juga tidak hanya dilakukan dari luar saja, melainkan dengan perawatan dari dalam. Terapi alternatif seperti minyak, dan obat kumur herbal yang diracik sendiri, bisa Anda lakukan untuk memastikan senyum Anda tetap indah dan cerah.

Akan tetapi, jangan sampai Anda mengabaikan perawatan secara alami dan sederhana yang bisa di dapat dari makanan sehari-hari. Berikut enam makanan yang bisa kita konsumsi sehari-hari namun memiliki manfaat yang super hebat untuk memberi kenyaman pada gigi dan gusi serta membuat kulit putih cantik alami.

Makanan Untuk Menyehatkan Gigi dan Gusi

Apa sajakah itu?

1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung senyawa kompleks yang disebut "catechin" yang dapat melawan peradangan dan benar-benar mengendalikan infeksi bakteri. Memang benar! Sebagai contoh, salah satu penelitian di Jepang menemukan bahwa pria yang minum teh hijau secara teratur memiliki lebih sedikit terjadinya penyakit periodontal, dibandingkan dengan peminum yang jarang. Dan penelitian di Jepang yang lain menunjukkan bahwa baik pria dan wanita, minum satu atau lebih secangkir teh per hari berkorelasi dengan faktor kehilangan gigi yang lebih sedikit di kemudian hari, intinya dapat menguatkan gigi. Antimikroba "catechin" mungkin dalam akun sebenarnya bermanfaat bagi kesehatan mulut terkait dengan teh hijau, tetapi hal ini memang perlu studi lebih lanjut. Apa yang kita tahu pasti, bagaimanapun, adalah bahwa mengkonsumsi teh hijau secara periodik itu baik untuk kesehatan mulut.

2. Stroberi dan Kiwi (dan pada tingkat lebih rendah yaitu Buah Jeruk)

Vitamin C sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan jaringan gusi yang halus, karena vitamin C membantu mencegah penumpukan kolagen. Tanpa kolagen, gusi menjadi ekstra lembut, dan dengan demikian rentan terhadap penyakit periodontal. Kiwi dan stroberi memiliki konsentrasi tertinggi vitamin C, namun buah jeruk juga tak kalah dengan mereka. Buah ini juga melakukan tugas ganda karena astringency mereka, yang dapat membantu untuk membalikkan perubahan warna yang disebabkan oleh minuman yang biasa dikonsumsi seperti kopi dan anggur.

3. Kacang-kacangan dan Biji

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber protein nabati, dan mereka berpengaruh kuat pada gigi karena mengandung mikronutrien yang menyehatkan gigi seperti fosfor, magnesium, kalium, seng, dan yang paling penting adalah kalsium! Kalsium ini tentu saja penting untuk tulang dan gigi yang kuat, dan kalsium dapat benar-benar berkontribusi terhadap remineralisasi gigi. Kacang yang memiliki kalsium tertinggi adalah almond dan kacang brazil. Begitu pun dengan biji wijen, yang juga memiliki kalsium tinggi.

4. Bawang

Bawang, terutama bila dimakan mentah, ternyata membantu mengusir bakteri, hal ini berkat senyawa yang mengandung sulfur antimikroba mereka. Irisan bawang mentah dapat dimakan pada sandwich atau dalam salad. Namun, jika perut Anda tidak cocok rasa bawang mentah dapat membuat Anda muntah, oleh karena itu bawang yang dimasak mungkin lebih baik daripada tidak ada bawang sama sekali.

5. Jamur Shiitake

Shiitakes mengandung lentinan, gula alami yang dapat membantu mencegah radang gusi. Gingivitis adalah peradangan gusi, ditandai dengan kemerahan, bengkak, dan bahkan mungkin pendarahan, sering disebabkan oleh penumpukan biofilm bakteri. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa senyawa antibakteri seperti lentinan khusus menargetkan biofilm pembuat mikroba ini. Bahkan, mereka begitu tepat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang, sedangkan bakteri yang tidak berbahaya sama sekali tidak terpengaruh.

6. Apel, seledri, makanan berserat, dan lainnya yang rendah-Asam

Sering disebut sebagai "deterjen gigi" buah dan sayuran yang kaya air ini bertindak dengan merangsang produksi air liur, yang menjaga bakteri di mulut. Makanan tinggi serat ini juga memiliki efek menggosok, secara harfiah membersihkan permukaan gigi Anda dari sisa makanan yang Anda makan, sama halnya seperti Anda menyikat bakteri agar pergi. Mengunyah makanan ini akan mengganggu dan mengusir plak gigi yang baru terbentuk, mencegahnya dari pembentukan plak yang lain.

Itulah 6 Makanan Untuk Menyehatkan Gigi dan Gusi yang dapat Anda konsumsi setiap hari. Menjaga kesehatan mulut itu sangatlah penting, karena jika mulut tidak sehat akan menimbulkan berbagai macam penyakit yang tentunya bisa berdampak merugikan bagi Anda, seperti adanya bau mulut. Bau mulut terjadi akibat bakteri dimulut yang berkembang pesat. Untuk itu, selain kita bisa memperoleh gigi dan gusi yang sehat, kita juga akan terhindar dari bau mulut yang bisa membuat kita kehilangan rasa tidak percaya diri.

Cobalah... dan rasakan kenyamanannya ^_^





sign


loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar