Misteri Lubang Air Terjun Devil's Kettle


Sabtu, 04 Oktober 2014
Label: ,

[Sains Box] Sebuah fenomena geologi yang sangat membingungkan para ilmuwan ditemukan di area Judge C. R. Magney State Park di Minnesota, Amerika Serikat. Lebih tepatnya berada di lepas pantai utara danau Superior. Di sini terdapat sebuah sungai yang bernama sungai Brule yang mengalir melalui area taman. Ketika akhirnya sungai ini pun menciptakan banyak aliran air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 800 kaki.

Diantara sekian banyak air terjun yang terbentuk itu, ada satu air terjun yang bisa dibilang aneh dan misterius. Air terjun ini terbelah dua karena adanya tonjolan batu. Salah satu cabangnya yang sebelah timur turun 50 meter ke bawah dan menyambung menuju ke danau Superior. Akan tetapi, cabang satunya lagi yang berada disebelah barat itu jatuh 10 kaki ke dalam lubang raksasa dan menghilang. Lubang tersebutlah yang diberi nama Devil's Kettle.

Misteri Lubang Air Terjun Devil's Kettle
Lubang Devil's Kettle yang dilingkari warna merah

Kemanakah aliran terjun yang menghilang itu?

Hampir tidak ada yang tahu persis kemana arah air terjun yang masuk ke dalam lubang tersebut. Seharusnya, menurut logika, harus ada jalur keluar di suatu tempat di bawah danau Superior. Akan tetapi jalur itu tidak pernah ditemukan. Hingga bertahun-tahun lamanya, para peneliti telah berusaha menjatuhkan pewarna yang berwarna cerah, bola ping pong, dan benda-benda lainnya ke dalam lubang Devil's Kettle, akan tetapi semua itu hanyalah sia-sia belaka. Sebab tidak pernah ditemukan lagi kemunculan benda-benda yang mereka masukkan tersebut ke dalam lubang.

Berbagai macam teori pun muncul. Salah satunya adalah sebuah teori yang mengungkapkan bahwa jutaan tahun yang lalu sebuah tabung lava terbentuk ketika batu pertama dipadatkan. Namun, masalahnya teori ini tidak bisa diterapkan untuk area tersebut, sebab batu di air terjun Devil's Kettle adalah batu riolit, sedangkan tabung lava tidak akan pernah terbentuk di batu riolit. Tabung lava hanya bisa terbentuk di basalt yang mengalir menuruni lereng gunung berapi.

Misteri Lubang Air Terjun Devil's Kettle

Misteri Lubang Air Terjun Devil's Kettle

Misteri Lubang Air Terjun Devil's Kettle

Teori lain mengatakan tentang adanya gua bawah tanah. Namun, dalam hal ini gua bawah tanah tidak bisa dijadikan sebagai jawaban yang tepat, sebab gua bawah tanah hanya bisa terbentuk di bebatuan kapur, sedangkan tidak ada batu kapur di daerah tersebut.

Misteri lubang Devil's Kettle ini pun tak pernah terjawabkan hingga saat ini. Karena hingga saat ini pun tidak pernah ada orang yang melaporkan menemukan sesuatu benda atau apapun yang tiba-tiba muncul mengambang di suatu tempat di lepas pantai danau Superior tersebut. Lalu, kemanakah air terjun itu mengalir? Mungkin, jika Anda ingin mengetahui jawabannya, maka Anda sendiri-lah yang harus terjun ke dalam lubang itu.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

14 komentar:

  1. Subhanalloh,itulah kuasa Alloh,tuhan semesta alam

    BalasHapus
  2. @Solihah sobirin: iya mbak, itu kuasa Tuhan

    @Consultan supervisi: Memang, dunia ini msh byk menyimpan misteri yg tdk bs kita ungkap secara sains

    BalasHapus
  3. sungguh aneh bgt ya.. memang gak masuk logika sama sekali, apa blm ada yg mencoba menggalinya

    BalasHapus
  4. knp tdk dihentikan dulu aliran air terjunnya, misalnya diakalin alirannya dibendung atau dialihkan, kemudian lubang tersebut dijelajahi langsung oleh para peneliti masuk ke dalamnya? siapa tau bs ketemu jawabannya. atau blm ada yg berani?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin itu sulit dilakukan mbak/mas

      Hapus
  5. Allah swt yang maha mengetahui

    BalasHapus
  6. Allah swt yang maha mengetahui

    BalasHapus
  7. @Fitriyana: itu kan batu mbak... agak sulit juga utk digali, apalagi areanya sangat ekstrem

    @Apache: wah, jalan pikiranmu memang jenius sob, tp entahlah apakah itu jg sudah dipikirkan oleh ilmuwan..? mungkin lebih baik sih jangan manusia yg diturunkan ke dalam lubang, tp gimana kalo robot saja?

    @Ponco: ^_^ apanya mas yg 'yap'?

    @Bifa: :D setuju

    BalasHapus
  8. Bagus nih info nya bro:v sorry baru tau sekarang..
    Kalo usul gua sih, turunin aja robot berkamera supaya tau area Dimensi X yang ada di lubang itu :v hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, boleh juga tuh... tapi robotnya hrs tahan banting ataupun air sob

      Hapus
  9. Kalo menurut saya sih mending cemplungin kamera gopro yang diiket pake tali trus pas talinya tiba2 berhenti ditarik lagi trus diliat deh hasil videonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa musti pake gopro sob? kehebatannya apa?

      Hapus