Danau Hillier, Danau Unik Yang Berwarna Pink


Minggu, 09 Maret 2014
Label:

[Sains Box] Danau Hillier adalah sebuah danau berwarna merah muda (pink) yang berada di tengah-tengah Pulau, yang merupakan danau terbesar di antara kepulauan Australia Barat. Jika dilihat sekilas, dari atas danau itu seperti muncul permen karet padat yang berwarna pink. Sungguh ajaib.

Danau ini memiliki panjang sekitar 600 meter, dan dikelilingi oleh tepian pasir serta hutan Paperbark yang lebat dan pohon eucalyptus. Sebuah bukit pasir sempit yang ditutupi oleh vegetasi memisahkannya ke utara dari Samudra Selatan.

Tidak seperti danau merah muda lainnya di dunia seperti yang ada di Retba dan tambak garam di San Francisco, warna pink Danau Hillier belum diketahui penyebabnya, meskipun banyak yang berspekulasi bahwa warna itu bisa timbul dari pewarna yang diciptakan oleh organisme Dunaliella salina dan Halobacteria. Hipotesis lain adalah bahwa warna pink tersebut dikarenakan ulah bakteri halofilik merah yang ada di kerak garam. Perlu ditegaskan, bahwa warna pink tersebut bukanlah tipuan cahaya melainkan dapat dibuktikan sendiri dengan mengambil air dari danau lalu menaruhnya di wadah, maka akan terlihat warna pink yang ditemukan itu benar-benar warna yang permanen.

Danau Hillier, Danau Unik Yang Berwarna Pink

Danau merah muda ini pertama kali ditemukan pada tahun 1802 ketika seorang navigator Inggris dan hidrograf bernama Matthew Flinders mendaki puncak tertinggi di kepulauan tengah tersebut untuk melakukan survei perairan yang berada di sekitarnya, namun justru karena hal itu, dia malah menemukan danau yang unik dan luar biasa ini. Sedangkan puncak yang ia gunakan saat menemukan danau pink tersebut kini dikenal dengan nama 'Puncak Flinders'. Kalau saja untuk beberapa tahun ketika ekstraksi garam tidak dilakukan di sini, pulau dan danau pink itu hampir tidak tersentuh, dan sejak danau itu mulai ditemukan, akhirnya disediakan tempat bagi para pengunjung yang ingin melihat pemandangan paling menakjubkan dari keajaiban alam dunia ini.

Danau Hillier, Danau Unik Yang Berwarna Pink

Kalo saja bentuknya seperti hati, pasti danau ini akan menjadi danau yang teromantis sedunia yang diciptakan oleh alam. ^_^




sign


loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

5 komentar: