Kopi Melindungi Wanita dari Kanker Endometrium


Sabtu, 25 Oktober 2014
Label:

[Sains Box] Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa ternyata meminum kopi dapat membantu melindungi kaum hawa dari serangan kanker endometrium.

Apa itu kanker endometrium?

Kanker endometrium adalah kanker yang paling umum keenam yang menyerang kaum hawa di seluruh dunia, dan itu adalah kedua belas yang paling umum dari semua jenis kanker. Yang menarik dari jenis kanker tertentu adalah bahwa hal itu tampaknya menjadi yang paling umum di negara-negara kaya, seperti Amerika Serikat. Hal ini cenderung mempengaruhi wanita pasca-menopause. (lebih jelasnya bisa dibaca pada gambar kedua dibawah ini)

Kopi Melindungi Wanita dari Kanker Endometrium

World Cancer Research Fund / Lembaga Amerika untuk Penelitian Kanker telah merilis update terbaru dalam Laporan Proyek Terbaru mereka mengenai kanker endometrium, mereka menambahkan temuan tentang hubungan antara kopi dan pencegahan kanker. Apa yang menonjol bagiku disini adalah tentang temuan ini yang menjelaskan bahwa mereka melihat bagaimana kedua kopi yang berkafein dan tanpa kafein berdampak terhadap kanker endometrium, dan keduanya terbukti dapat membantu melindungi perempuan dari risiko terkena kanker endometrium.

kanker endometrium
klik pada gambar untuk memperbesar

Itu berarti kafein tidak menjadi masalah bahkan bermanfaat dalam situasi ini.

Para peneliti melihat delapan studi tentang kopi dan kanker endometrium, dan mereka menemukan bahwa kedelapan studi tersebut memiliki kaitan erat yang tinggi terhadap konsumsi kopi dengan penurunan risiko kanker. Mereka juga melihat tiga studi kopi tanpa kafein dan menemukan korelasi yang sama.

Karena mereka melihat begitu banyak studi, sehingga sangat sulit untuk memberlakukan berapa cangkir per hari yang ideal untuk mencegah kanker endometrium, tetapi dari ringkasan Laporan Proyek Terbaru mereka, sepertinya bahkan untuk satu cangkir sehari pun dapat mengurangi risiko Anda terkena kanker dengan persentase tujuh sampai delapan persen.

Para peneliti percaya bahwa terdapat antioksidan dalam kopi yang membantu melindungi wanita dari kanker endometrium. Mereka secara khusus menyebutnya dengan nama asam chlorogenic, dimana asam chlorogenic ini juga bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi buah persik dan kismis.

Faktor Risiko Kemungkinan lainnya

Mereka juga melaporkan bahwa aktivitas fisik dapat juga membantu mencegah kanker endometrium, sedangkan tingginya Indeks Massa Tubuh dan beban glikemik justru dapat meningkatkan risiko kanker. Kadar glikemik mengacu pada kualitas penyerapan karbohidrat dalam tubuh Anda. Intinya adalah, mengkonsumsi biji-bijian itu sangatlah baik, sedangkan mengkonsumsi gula halus dan olahan itu adalah buruk.

Kopi Melindungi Wanita dari Kanker Endometrium

Jadi, apakah sobat Sains Box seorang peminum kopi secara teratur? Atau, setelah mengetahui tentang hal ini barulah sobat mulai membiasakan diri meminum kopi? Itu tidaklah penting. Yang terpenting adalah, segala sesuatu yang dikonsumsi sesuai dengan takaran, itu akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh. Jangan melihat kopi dari sisi kafeinnya, tapi kopi juga memiliki sisi positif yang lain, yang kemungkinan belum disadari oleh kita semua.

Bukankah Tuhan menciptakan segala sesuatunya dengan penuh manfaat? Yuk, kita raih manfaat dari meminum kopi... ^_^




sign


loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

6 komentar:

  1. Wew, masa sih kopi bisa melindungi wanita dari kanker. Baru tau saya

    BalasHapus
  2. @Abdur rahman: iya sob, ini fakta baru mengenai kopi. ini berdasarkan penelitian baru oleh lembaga penelitian kanker sedunia di Amerika. percaya atau tidak, terserah ente sob... toh tdk ada salahnya jg kan kita mengkonsumsinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku udah jadi pengkomsusi setia kopi ..

      Hapus
  3. baru tau ane sob... mksh infonya ya, kebetulan ane jg suka kopi

    BalasHapus
  4. @Merry ykp: kereen donk... :D tp jgn berlebihan juga sih..

    @Innfo Peluang: oke mas.. sama2..

    BalasHapus