5 Makanan Super Untuk Kesehatan Liver


Sabtu, 18 Oktober 2014
Label:

[Sains Box] Kapan terakhir kali Anda berpikir tentang hati (liver) Anda, karena pekerjaan hati merupakan pekerjaan yang paling menakjubkan dalam tubuh Anda, mulai dari menyaring racun, hormon, kolesterol, dan lain sebagainya dalam darah Anda. Hati adalah salah satu organ paling kuat di tubuh Anda. Beberapa orang menganggap organ ini memainkan peranan yang penting dalam mempertahankan berat badan yang sehat, keseimbangan hormon, mengurangi kolesterol, dan menghilangkan zat berbahaya dalam darah Anda.

Untuk itu, Anda harus memberikan perhatian yang ekstra bagi kesehatan hati Anda. Setidaknya dengan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan hati, maka akan memberikan bantuan yang terbaik untuk hati Anda. Ingatlah bahwa hati merupakan organ yang paling fital dalam tubuh Anda.

5 Makanan Super Untuk Kesehatan Liver

Nah, berikut ini beberapa makanan super untuk kesehatan liver (hati) Anda yang bisa Anda konsumsi dalam menu keseharian Anda maupun dalam menu diet sehat Anda:

1. Alpukat

5 Makanan Super Untuk Kesehatan Liver
Sebuah penelitian menunjukan bahwa alpukat merupakan makanan supercharges untuk makanan lain. Maksudnya adalah alpukat bisa meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan lain yang kita konsumsi, terutama dari kelompok nutrisi yang disebut karotenoid. Anda mungkin pernah mendengar tentang beta karoten (pembentuk vitamin A dalam tubuh Anda) dan lycopene. Nah, penyerapan kedua nutrisi ini dapat ditingkatkan dengan jalan mengkonsumsi alpukat.

Alpukat mengandung jenis lemak yang ditemukan dalam makanan laut, tetapi jarang ditemukan dalam makanan yang berasal dan tumbuh pada tanah. Meskipun memiliki reputasi menjadi “tinggi lemak”, namun lemak yang dikandungnya ternyata bermanfaat dan bahkan dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Hal ini berarti memberikan peningkatan properti kesehatan bagi liver. Jika Anda belum pernah makan alpukat, rasanya itu seperti mentega. Penggunaan alpukat bisa dengan cara mengoleskannya pada roti seperti mentega lalu membungkusnya, atau bisa juga untuk sandwich, bahkan bisa juga di taruh di atas salad. Alpukat juga bisa dibuat untuk guacamole (hidangan alpukat tumbuk dicampur dengan bawang cincang, tomat, cabai, dan bumbu). Dan masih banyak lagi cara menghidangkan alpukat untuk menu makanan sehat Anda.

2. Sayuran Hijau Dandelion

5 Makanan Super Untuk Kesehatan Liver
Anda tahu Dandelion? Ternyata dandelion itu bukan hanya sebagai rumput liar saja, melainkan dandelion merupakan makanan yang lezat dan berfungsi sebagai obat kuat. Mereka mengandung darah klorofil yang memberikan warna hijau. Mereka juga mengandung senyawa pahit yang membantu membersihkan hati. Pilihlah dandelion muda, sebab mereka akan terasa lebih enak. Sedangkan untuk yang lebih tua rasanya akan menjadi sangat pahit. Anda bisa membuatnya dalam bentuk tumisan atau jus sayuran. Atau Anda bisa juga mencoba dandelion cincang dan tumis dengan dicampur bawang putih cincang serta minyak zaitun, dan campurkan sedikit jus lemon segar juga sejumput garam laut mentah. Coba deh..

3. Makanan Kedelai

5 Makanan Super Untuk Kesehatan Liver
Makanan kedelai mengandung lecithin yang terbukti bisa membantu kerja liver dalam memetabolisme lemak dan menurunkan kolesterol. Seperti telur, kedelai juga mengandung zat yang disebut fosfatidilkolin dan asam lemak esensial yang membantu menjaga sel-sel hati yang sehat dan mencegah simpanan lemak menumpuk di hati. Lecithin juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan memungkinkan pembuluh darah untuk bersantai sehingga aliran darah akan bekerja lebih baik. Lecithin secara alami ditemukan dalam susu kedelai, tahu, dan miso, serta telur organik. Pilihlah makanan kedelai organik yang bersertifikat, sebab saat ini semakin banyak saja makanan kedelai yang mulai mengalami rekayasa genetik. Varietas fermentasi seperti miso dan kedelai yogurt adalah yang terbaik.

4. Bawang

5 Makanan Super Untuk Kesehatan Liver
Bawang mengandung sulfur (belerang) yang diperlukan untuk meningkatkan aktivitas enzim, yang pada gilirannya akan meningkatkan pembersihan liver. Tanpa kecukupan tingkat sulfur, fase 2 dari detoksifikasi hati tidak dapat mengimbangi tingkat 1, yang berarti bahwa akan banyak sekali racun yang dapat membahayakan dalam tubuh Anda. Seperti bawang putih, bawang merah juga dapat membunuh virus, bakteri, dan jamur.

5. Kacang-kacangan dan biji-bijian

5 Makanan Super Untuk Kesehatan Liver
Banyak sekali jenis kacang-kacangan dan biji-bijian, termasuk: kenari, kacang Brasil, hazelnut, almond, biji labu, biji bunga matahari, biji wijen, dll. Mengkonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian adalah cara alami untuk membantu menjaga kadar kolesterol sehat. Pastikan untuk memilih yang mentah, atau tawar, karena itu yang lebih baik.

-------

Itulah 5 Makanan Super Untuk Kesehatan Liver Anda. Kelima jenis makanan diatas, memang seringkali tidak kita lirik sama sekali, atau bahkan malah lebih cenderung menghindarinya. Namun, mulai sekarang, cobalah Anda lebih mengenal kelima jenis makanan diatas. Jika tidak dimasukkan dalam menu keseharian Anda setidaknya cobalah untuk mengkonsumsinya meskipun hanya sedikit. Ini semua kita lakukan demi membantu menjaga kesehatan hati kita, agar tetap bisa berfungsi dengan baik menjaga tubuh kita.

Semoga bermanfaat untuk sobat Sains Box semua.... ^_^




sign


loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

4 komentar:

  1. Wah, ternyata bawang merah juga dapat menyehatkan hati ya mas? Terima kasih sharenya mas Wawan..

    BalasHapus
  2. @Uda Awak: iya mas Uda, makanya aku kalo makan tahu gejrot atau sate itu lebih suka yg byk bawang merahnya, kira2 mas Uda udah tau makanan khas Cirebon yg namanya tahu gejrot blm? wah, rasanya enak loh mas... apalagi kalo bawang merahnya byk

    BalasHapus
  3. postingan yang bagus dan bermanfaat.. salam kenal dan kunjungan perdana ni gan

    sudi kiranya berkunjung ke:
    http://sepauk-tempunak.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. @Miki: salam kenal juga sob, InsyaAllah nanti aku kunjungi, mksh :)

    BalasHapus