Kegunaan Lain dari Pisang yang Luar Biasa


Senin, 16 Februari 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Pisang adalah buah yang kaya akan manfaat. Tentu, kebanyakan dari kita suka menikmati pisang untuk sarapan atau barangkali sebagai snack. Tapi tahukah Anda, bahwa pisang sebenarnya memiliki lebih banyak kegunaan lagi bukan hanya sekedar untuk dinikmati kelezatannya saja, melainkan bisa digunakan juga untuk hal lainnya diluar dari itu, diantaranya mengatasi gigitan serangga dan memurnikan air dari racun, hingga ide-ide menarik lainnya yang menggunakan pisang.

Kegunaan Lain dari Pisang yang Luar Biasa

Baca Juga:

Nah, berikut ini adalah 15 hal mengejutkan dari kegunaan pisang:

Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Memutihkan Gigi. Gosokkan kulit pisang pada gigi Anda selama sekitar dua menit setiap kali Anda menyikat dan Anda akan merasakan sendiri hasilnya.

2. Mengobati Rambut Rusak. Menurut pakar rambut, perawatan terbaik bagi rambut rusak adalah dengan menggunakan pisang. Untuk langkah-langkahnya akan dibahas lebih lanjut.

3. Mengobati Kutil. Pisang kaya akan potasium, yang katanya dapat membantu mengobati kutil.

4. Mengobati Memar, Luka, dan goresan. Kalium juga membantu proses penyembuhan untuk luka, goresan, dan memar.

5. Mencegah Keriput. Hancurkan pisang, menggunakan punggung garpu, dan kemudian tambahkan krim, madu, dan tepung. Aduk merata. Anda mungkin perlu menambahkan lebih sedikit krim atau tepung untuk mendapatkan konsistensi krim tebal yogurt. Lalu, oleskan masker pada wajah bersih, termasuk daerah sekitar mata dan leher, dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air minum kemasan atau kapas, dan oleskan pada mawar hidrosol kecil, yang memungkinkan untuk mengeringkan secara alami. Lakukan 3 kali per minggu. Insya Allah dapat menghilangkan penuaan!

6. Mengobati gigitan serangga. Gosokkan beberapa kulit pisang pada bagian yang digigit untuk meringankan gatal.

7. Menyingkirkan serpihan. Apakah ada serpihan masuk ke kulit Anda? Anda tidak bisa membuatnya keluar? Tidak perlu khawatir, jika Anda menekan kulit pisang ke bagian yang terkena serpihan, maka enzim alami buah ini akan bekerja untuk membantu menjadi pengisap yang dapat membuatnya keluar.

8. Eksfoliasi kulit Anda. Anda dapat menggunakan pisang yang sudah dibuat pasta untuk digosokan ke beberapa area di tubuh Anda, pijat secara lembut, bisa juga digunakan pada wajah, tapi jangan terkena mata. Hal ini berguna untuk melepaskan sel-sel kulit mati di tubuh Anda.

Untuk Rumah dan Taman

9. Mengusir Kutu daun. Apakah tanaman milik Anda seringkali terserang kutu daun? Cobalah cara ini: kubur beberapa potong kulit pisang 2-3 inci di sekitar pangkal tanaman.

11. Memoles bahan kulit dan perak. Tidak perlu berinvestasi yang mahal, dan seringnya malah memperoleh pembersih kulit dan perak yang beracun. Sebaliknya, menggosok kulit pisang di permukaan kulit maupun perak adalah cara yang lebih aman dan mudah. Setelah digosok usaplah dengan kain.

11. Menarik Perhatian Burung dan Kupu-kupu. Seperti manusia, burung dan kupu-kupu juga menyukai rasa pisang. Jika Anda ingin memikat burung, coba saja pikat dengan pisang.

12. Pupuk Tanaman Anda. Kulit pisang yang kering jika ditaruh di tanah akan membuat mulsa fantastis untuk bibit dan tanaman baru.

Ide Menarik dan Fakta Lainnya

13. Membuat "Ice Cream." Apakah Anda menginginkan hal-hal yang manis tapi tidak punya waktu, kalori, atau anggaran untuk memperolehnya? Mudah saja. Cukup campurkan pisang padat ke dalam blender. Anda akan terkejut betapa rasanya lembut seperti es krim!

14. Mengobati Anjing sakit. Pisang itu benar-benar aman, dan sangat sehat, bisa digunakan untuk mengobati anjing kesayangan Anda!

15. Memurnikan Air. Memang, hal ini mungkin akan diserahkan kepada yang lebih profesional, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa kulit pisang dapat benar-benar menyerap racun dalam air sungai yang tercemar.

Wow, menakjubkan sekali ya pisang ini. Bahkan bukan hanya membuat kita kenyang, tapi juga bermanfaat untuk hal lainnya. So, apakah Anda menyukai pisang?

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

9 komentar:

  1. wah hebat ya ternyata pisang
    kunjungan balik n klik iklan di blog tar ane klik balik

    BalasHapus
  2. @Aditya Pratama: iya sob pisang bnr2 hebat. oya soal iklan, ga pa2 sob ente gak klik iklan ane juga. kalo caranya tukeran seperti itu namanya melanggar peraturan sob.. mf ya. seikhlasnya aja

    BalasHapus
  3. ups, jd inget sesuatu ngliat pisang... :)

    BalasHapus
  4. @Obat tradisional: hayooo, inget apaan tuh.. ?? :)

    BalasHapus
  5. wow, pisang punya kegunaan sebanyak itu ya? pdhl kan byk menyepelekan terhadap pisang

    BalasHapus
  6. emang apa hubungannya ya pisang dengan iklan di blog, tadi sempat mebaca komentar pertama, katanya si pisang hebat tapi kok sampai ke iklan, jadi bingung mau ikutan bercerita tentang si pisang yang hebat ini. hehe..

    BalasHapus
  7. @Download mp3: iya mas, mlh ada yg pernah komen gini loh saat aku makan pisang, "ih pisang kan makanan monyet" dia bilang gitu.. dia gak tau kali manfaat pisang

    @Devy: haha, itu sih biasa mbak, bagi yg pasang adsense pasti tau deh.. emang gak ada hubungannya kok ama pisang :D

    BalasHapus
  8. aku jg suka pisang, apalagi pisang yg itu..

    BalasHapus
  9. @Fitriyana: pisang yg mana nih? :)

    BalasHapus