Manfaat Lumpur Yang Mengagumkan


Kamis, 05 Februari 2015
Label:

[Sains Box] Seringkali kita menganggap lumpur adalah zat yang kotor dan menjijikan. Namun, seringkali pula kita menjadikan lumpur sebagai taman bermain. Terkadang saat jiwa kita masih kekanak-kanakan, bermain dalam lumpur merupakan sesuatu yang menyenangkan. Akan tetapi, dibalik itu semua, lumpur ternyata memiliki manfaat tersendiri. Selain dihargai oleh praktisi naturopati, lumpur juga sering digunakan sebagai seni penyembuhan melalui efek terapi lumpur.

Manfaat Lumpur Yang Mengagumkan

Baca Juga:

Sekedar menambah pengetahuan, berikut ini adalah 5 cara kreatif untuk memanfaatkan lumpur.

1. Membuat Batu Bata

Batu bata lumpur (atau biasa disebut adobe di Spanyol) adalah bahan konstruksi pilihan dari masyarakat Pueblo kuno di barat daya Amerika Serikat. Adobe terbuat dari campuran tanah liat, air, pasir, lumpur, dan berbagai bahan organik lainnya, dibentuk menjadi bentuk bata dan dijemur. Penciptaan rumah dari bata lumpur, memiliki keunggulan ramah lingkungan karena menjadi tidak beracun, tahan lama, cetakan yang tahan, isolasi secara alami, bebas sampah, dan jauh lebih murah tentunya. Jika Anda berencana untuk membangun atau merombak rumah Anda dengan adobe, pastikan bahwa batu bata Anda sesuai dengan kode bangunan lokal.

2. Facial

Facial lumpur merupakan perawatan wajah yang menyegarkan dan baik bagi penyembuhan yang dapat Anda terapkan dalam privasi rumah Anda sendiri. Cara ini bisa mengencangkan pori-pori, membuang racun dan sel-sel kulit mati, dan meminimalkan noda serta garis-garis halus. Berbagai jenis tanah liat dapat dicampur dengan air mawar dan bahan-bahan alami lainnya, seperti minyak atsiri, untuk membuat pasta yang Anda oleskan pada wajah Anda sebagai masker. Bersantai di sofa atau kursi di luar ruangan di bawah pohon selama 10-15 menit. Lalu dengan lembut menghapus masker dengan air hangat dan kain lap. Setelah itu wajah Anda akan cenderung agak kering, sehingga melembabkan jika Anda inginkan.

3. Mengobati Ketombe

Wajahmu bukanlah satu-satunya bagian tubuh yang akan mendapatkan keuntungan dari mandi lumpur. Jika Anda menderita ketombe, atau gatal di kulit kepala, cobalah memakai lumpur dengan kotoran yang kaya akan mineral dari pantai laut mati. Anda dapat berendam 20 menit dengan shampoo lumpur yang diperkaya dengan mineral murni.

4. Seni Lukis

Yusuke Asai adalah pemuda asal Jepang yang telah menjadi seniman lukis lumpur internasional yang mampu membuat karya rumit dan fantastik. Lukisannya, yang sering menutupi seluruh dinding, lantai, dan langit-langit, menggambarkan citra rumit tentang dunia alam dan warna bersahaja mereka. Yang terakhir ini tidak mengherankan, karena Yusuke Asai telah menggunakan lumpur sebagai media lukis sejak 2008.

5. Seni yang menyenangkan

Nikmati lukisan lumpur versi Anda sendiri dengan anak-anak Anda di luar pada hari yang cerah. Ajaklah anak-anak menggunakan peralatan seadanya, gunakan kuas atau lembar kertas tebal seperti kardus atau apa saja yang penting bisa digunakan untuk melukis. Anak-anak pasti senang melakukan hal ini. Biarkan imajinasi mereka tertuang apa adanya melalui goresan lumpur. Ini pasti menyenangkan.

Sekilas, lumpur memang bisa menimbulkan pendapat negatif, mulai dari kotor, berkuman, bisa membuat noda pada pakaian, dan sebagainya. Namun, jika kita berpikiran positif, sesuatu yang menjijikan pun akan memberikan manfaat lebih bagi kita.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar