Uniknya Taxi dan Bus Warna-Warni Di Bangkok


Selasa, 25 Maret 2014
Label: ,

[Sains Box] Berbeda dengan seluruh dunia, di mana taksi biasanya kuning dan hitam, taksi Bangkok tampil dalam berbagai macam warna. Ada taksi pink, taksi orange, taksi ungu, taksi hijau, taksi kuning dan taksi dalam berbagai kombinasi warna. Sementara warna taksi di negara lain tidak menandakan apa-apa pada khususnya, namun warna taksi di Bangkok sebenarnya adalah kode warna khusus.

Taksi dengan Single-warna taksi perusahaan, taksi pribadi dalam kerjasama atau aliansi dan taksi perusahaan rental. Ini termasuk warna hijau terang, biru langit terang, merah, oranye, kuning, biru, pink, ungu, dan violet. Taksi dengan kombinasi dua warna, jenis taksi ini dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu kuning-hijau, merah-biru dan kuning-oranye. Kuning-hijau adalah taksi pribadi. Merah-biru adalah taksi sewaan. Sedangkan kuning-oranye adalah taksi perusahaan. Taksi-taksi terlihat begitu banyak di Bangkok sehingga Anda dapat memilih warna yang Anda suka, tetapi taksi kuning-hijau umumnya diperhitungkan menjadi lebih baik, yang dimiliki dan dikemudikan oleh pemiliknya sendiri.

Uniknya Taxi dan Bus Warna-Warni Di Bangkok

Uniknya Taxi dan Bus Warna-Warni Di Bangkok

Uniknya Taxi dan Bus Warna-Warni Di Bangkok

Uniknya Taxi dan Bus Warna-Warni Di Bangkok

Uniknya Taxi dan Bus Warna-Warni Di Bangkok

Transportasi berwarna di Bangkok tidak terbatas hanya taksi saja, bus berwarna juga ada dan setiap warna menandakan tarifnya yang berbeda, rute, kepemilikan dan fasilitas yang dimilikinya apakah ber-AC atau tidak. Bus umum yang tanpa AC memiliki warna kombinasi merah dan krim. Bus ini dioperasikan oleh Bangkok Mass Transit Authority (BMTA) dan layanan bus termurah di kota ini. Dengan polusi udara dan cuaca yang panas di Bangkok, bepergian di bus ini bisa menjadi pengalaman yang musti dicoba, terutama pada siang hari dan pada jam-jam yang sedang diburu waktu. Warna bus putih-biru juga sama saja tidak jauh lebih baik, bus ini sudah tidak ber-AC juga tarifnya sedikit lebih tinggi.

Uniknya Taxi dan Bus Warna-Warni Di Bangkok

Bus ber-AC krim warna-biru, juga dioperasikan oleh BMTA, sedikit lebih nyaman daripada bus reguler. Bus warna Euro II kuning-oranye, juga ber-AC dan relatif baru. Mikro-Bus berwarna ungu atau merah adalah milik pribadi dan menawarkan layanan bus alternatif bagi penduduk. Mereka ber-AC, memiliki tarif tetap terlepas dari jarak tempuh dan hanya berhenti jika masih ada kursi kosong yang tersedia, sehingga setiap penumpang dijamin akan mendapatkan kursi.

Pewarnaan bus ini, merupakan cara terbaik bagi pengunjung untuk mengetahui tujuan bus kemana, melalui jalan mana, jumlah bus dan warnanya, sehingga mereka akan merasa cocok. Misalnya, bus no #7 warna biru tidak mengambil rute yang sama dengan bus no #7 warna merah atau kuning atau hijau. Peta bus milik BMTA sangatlah berguna jika seseorang berencana untuk tur keliling kota dengan bus.

Obsesi Bangkok untuk memberi warna taksi dan bus. Dikarenakan Orang Thai memiliki warna yang berbeda untuk setiap hari dalam seminggu. Minggu adalah merah, Senin adalah kuning, Selasa untuk pink, Rabu untuk warna hijau (siang hari) dan abu-abu ( malam ), Kamis untuk orange , Jumat untuk biru, dan Sabtu untuk warna ungu. Warna-warna ini dianggap memiliki keberuntungan dan dirayakan sebagai warna ulang tahun.

Bahkan politik di Thailand pun berorientasi terhadap warna. Sudah pemandangan umum melihat orang-orang mengenakan kemeja kuning pada hari Senin dan kemeja biru pada hari Jumat untuk menghormati raja dan ratu mereka, yang masing-masing lahir pada hari Senin dan Jumat. Hal itu akan berubah ketika kuning menjadi terkait dengan Aliansi Rakyat untuk Demokrasi - sebuah kelompok terhadap pemerintah Thailand saat ini. Penentangan mereka adalah kemeja merah serta kedua warna kuning dan biru, yang sering melakukan protes di beberapa tempat di Bangkok yang paling terkenal.

Mereka yang tidak ingin membuat pernyataan politik akan memakai warna merah muda. Orang-orang Bangkok mulai menggunakan warna tersebut setelah melihat Raja mereka mengenakan blazer merah muda ketika tampil di publik. Rupanya, seorang peramal telah menyarankan dia untuk memakai pink.

Nah, bagi sobat Sains Box yang main ke Bangkok, jangan salah pilih warna taxi atau bus ya, nanti bisa kesasar... ^_^ hehe




sign


loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

1 komentar:

  1. wah, sangar juga ya ngeliadnya gitu..
    ternyata di Thailand warna adalah sesuatu ya..

    BalasHapus