Transplantasi Kepala Adalah Ide Gila


Sabtu, 28 Februari 2015
Label:

[Sains Box] Belum lama ini, terdengar sebuah ide gila dari seorang ahli bedah terkemuka yang percaya bahwa dalam dua tahun mendatang, transplantasi kepala sudah dapat dilakukan olehnya dalam kehidupan nyata pada manusia.

Mengapa saya sebut ini ide gila? Bayangkan bagaimana jadinya jika proses transplantasi ini berhasil dilakukan, maka manusia bisa saja seenaknya menukar-nukar kepala mereka dengan tubuh yang mereka inginkan. Ini memang agak ekstrim dan kedengarannya sedikit horor, tapi jika prosedur ini jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab, akan menimbulkan masalah yang jauh lebih besar.

Transplantasi Kepala Adalah Ide Gila

Seorang ahli bedah dari Italia yang bernama Sergio Canavero mempromosikan ide tentang transplantasi kepala ini, dimana ia akan mengoper kepala seseorang ke tubuh yang lain. Menurutnya ini adalah konsep yang layak dicoba, ia sangat yakin hal ini dapat dilakukannya dua tahun mendatang.

Baca Juga:

Prosedur yang sangat kompleks, menurutnya, bisa memperpanjang hidup pasien yang memiliki penyakit kanker.

Canavero sendiri merinci seluruh prosedurnya dalam sebuah makalah medis baru-baru ini, yang mana ia akan melibatkan dan menempatkan pasien dalam kondisi koma selama beberapa minggu sehingga mereka tidak bergerak selama proses penyembuhan. Penerima badan baru sudah akan bisa bergerak dan merasakan wajah mereka ketika mereka terbangun dan berharap mereka dapat kembali bergerak untuk jangka waktu sekitar dua belas bulan.

Transplantasi Kepala Adalah Ide Gila
Dr Sergio Canavero berbicara tentang ide transplantasi kepalanya di sebuah acara TEDx di Limassol

"Jika masyarakat tidak mau, saya tidak akan melakukannya," katanya. "Tetapi jika orang tidak menginginkannya, di AS atau Eropa, yang tidak berarti itu tidak akan dilakukan di tempat lain. Saya mencoba untuk melakukan hal ini dengan cara yang benar, layaknya Anda ketika ingin pergi ke bulan, Anda ingin memastikan orang akan mengikuti Anda."

Nah, apakah kalian setuju dengan ide ini? Menurut saya ini adalah ide yang gila. Yang akan menimbulkan sifat baru pada diri manusia. Kalian pikir saja, tubuh manusia itu terdiri dari jasad dan roh, jika ada dua jasad yang disatukan, lalu, bagaimana dengan roh mereka?

Memang pada percobaan pertama yang diuji coba pada monyet berhasil dilakukan. Tapi perlu dicatat, manusia bukanlah hewan. Manusia memiliki lebih banyak kerumitan daripada hewan.

Seharusnya, kita bisa lebih banyak belajar dari kisah Frankenstein.

Manusia bukanlah Tuhan, hidup manusia sudah ada yang menentukan. Bahkan jika ia menukar-nukar kepalanya sekalipun, ajal tetap akan menjemputnya. Jadi, jika alasan untuk menerapkan prosedur ini adalah untuk menyelamatkan hidup seseorang, saya rasa Anda sudah menentang Tuhan.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

4 komentar:

  1. tumben banget artikel nya disisipi dengan opini pribadi dan kritik? ga boleh gitu dong!

    BalasHapus
  2. @Aditya Pratama: bukan aneh kali sob, serem..

    @56j7ytji7tyi: yg nglarang siapa? hukumnya apa nglarang2? dalam sains itu diperlukan pro dan kontra untuk menghasilkan yg terbaik, karena menyangkut hajat hidup org byk, apa mau kepala kamu ditukar ama kepala monyet! gak kan??!

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapa yg melarang? apa dikomentar saya sebelumnya ada kalimat "melarang"? saya cuma sedikit protes karena artikelnya disisipi opini dan ideologi pribadi, itu saja. dan slrg urusannya sama kepala monyet apa? itu kan saat percobaannya, ga mungkin kalo udah terealisasi dituker sama kepala monyet.jd yg saya ingin tanyakan ada adalah Ngomong apa sih????? emang kalo org sudah terbakar emosi ngomong jd ga jelas

      Hapus