Tangan Bionik “Star Wars” Menjadi Nyata


Jumat, 27 Februari 2015
Label:

[Sains Box] Para peneliti kini mulai menciptakan sebuah anggota tubuh buatan responsif yang dapat dikendalikan langsung oleh otak. Hal ini mengingatkan kita kepada adegan akhir dari The Empire Strikes Back film Star Wars, dimana saat Darth Vader memotong tangan Luke Skywalker, Jedi muda ini kemudian mengganti tangannya dengan replika sintetis yang realistis dimana ia dapat mengontrolnya seolah-olah itu adalah anggota badan ia sendiri, dan itu merupakan tangan buatan yang sempurna.

Tangan Bionik Star Wars Menjadi Nyata

Sekarang berkat karya Prof Oskar Aszmann dan rekan-rekannya di Medical University of Vienna, ribuan anggota tubuh yang diamputasi bisa segera memiliki kesempatan untuk dilengkapi kembali dengan sesuatu yang sangat mirip yang mengaburkan batas antara fiksi ilmiah dan realitas.

Baca Juga:

Beberapa pasien telah mendapat keuntungan secara signifikan setelah dilengkapi dengan satu tangan canggih buatan Prof Aszmann itu yang mengambil dan menafsirkan sinyal dari otak untuk memulai gerakan.

Setiap sinyal penerima pertama akan dilatih selama periode waktu untuk memindahkan tangan virtual pada komputer sehingga sistem dapat belajar bagaimana membaca dan menanggapi sinyal-sinyal listrik mereka.

Tangan Bionik Star Wars Menjadi Nyata

Tangan Bionik Star Wars Menjadi Nyata

Pada saat mereka telah dilengkapi dengan tangan buatan itu, pasien menemukan bahwa mereka mampu menyelesaikan tugas-tugas yang paling sering dilakukan sehari-hari dengan mudah seolah-olah mereka menggunakan tangan yang nyata.

Para peneliti juga berharap, akhirnya dapat memberikan fungsi tambahan untuk tangan buatan itu termasuk kemampuan untuk merasakan kembali sensasi panas, dingin dan sentuhan fisik, meskipun itu hanya sebuah tangan bionik.

Secara keseluruhan, ini adalah lompatan terbesar bagi manusia dalam teknologi robot.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

(itv)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

2 komentar:

  1. keren ya sob katanya malah sudah ada mata bionik sangat membantu sekali bagi orang2 yg berkekurangan

    BalasHapus
  2. wuih, sangar, benar2 ada sekarang

    BalasHapus