RoboCop Mulai Dikembangkan Menjadi Nyata


Jumat, 20 Februari 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Apakah Anda pencinta RoboCop? RoboCop adalah film yang menceritakan tentang robot polisi pemberantas kejahatan. Nah, saat ini para peneliti mulai tertarik untuk membuat robot ini dalam kehidupan nyata. Tapi apakah keputusan ini merupakan keputusan yang tepat?

Para peneliti di Florida International University telah menuangkan ide baru untuk memungkinkan polisi yang cacat dan personil militer dapat terus melayani sebagai petugas patroli. Maka jangan heran, bila nanti Anda menemukan robot-robot canggih yang berpatroli di jalan-jalan. Mereka adalah robot polisi yang dikontrol dengan jarak jauh.


Sebuah robot yang telah dijuluki dengan nama TeleBot ini adalah mesin hidup humanoid yang dapat dikendalikan dari jarak jauh melalui sistem telepresence canggih yang bahkan memungkinkan operator untuk melihat segala sesuatu yang dilihat oleh robot.

Baca Juga:

"Ini semacam proyek yang membutuhkan banyak kerja keras, keahlian teknis dan sumber daya," kata direktur Penemuan Lab Jong-Hoon Kim. "Kami harus membangun semuanya dari awal."

Robot TeleBot ini memiliki berat 75 pounds dan tinggi 6 kaki.

"Apa yang paling mengesankan bagi saya tentang prototipe TeleBot ini adalah bahwa sebagian besar pekerjaan dilakukan oleh mahasiswa yang beroperasi di bawah pengawasan yang ketat, serta kendala anggaran dan waktu," kata Jeremy Robins, seorang komandan letnan Angkatan Laut AS yang membantu untuk mendanai proyek tersebut.

Penasaran ingin lihat videonya? Klik disini.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

4 komentar:

  1. wah sekarang ada robocop beneran ya sob

    BalasHapus
  2. @Aditya Pratama: hehe, msh prototype mas.. tp mdh2an aja jd beneran, biar kapok para penjahatnya

    BalasHapus
  3. apa bnr2 udah yakin mau mengandalkan robot untuk memberantas kejahatan, nanti gimana kalo penjahatnya lebih canggih lagi

    BalasHapus
  4. wuih, kalau terus dikembangkan, ya bukanlah tidak mungkin.

    BalasHapus