Robot Program Komputer Tertua Di Dunia


Selasa, 07 Januari 2014
Label: ,

[Sains Box] Mungkinkah ini contoh tertua dari program robot komputer pertama di dunia?

Dibuat pada penghujung tahun 1770-an, robot yang tidak biasa ini diciptakan oleh pembuat jam Pierre Jaquet-Droz yang dibantu oleh dua orang anaknya Henri-Louis dan Jean-Frédéric Leschot.

Lahir di Swiss, Pierre Jaquet-Droz dianggap sebagai salah satu desainer automata paling berbakat dalam sejarah (dan sampai hari ini juga masih). Ia terobsesi oleh detail menit, bentuk dan fungsi. Ketika akhirnya robot ini pun tercipta. Robot yang ia sebut “The Writer” ini adalah robot yang sangat mengesankan.

robot pertama tertua di dunia

robot pertama tertua di dunia
Robot The Writer

Jika dilihat dari luar, tampak seperti boneka anak-anak yang sederhana, namun memiliki kesan yang agak menyeramkan. Akan tetapi dibalik kain dan kayu yang membungkus di bagian luarnya terdapat sebuah sistem alat yang bekerja secara luar biasa, seperti tuas, pin, pivots, serta paku keling, semuanya bergerak dan bekerja bersama-sama sehingga mampu menggerakkan boneka itu untuk menulis. Bukankah itu sangat luar biasa? Diperkirakan ada sekitar 6.000 bagian spareparts yang membentuk mesin robot tersebut dan ini merupakan program robot komputer tertua yang pertama kali tercipta di dunia.

Tapi apakah benar “The Writer” merupakan satu-satunya program komputer yang pertama dan tertua?

Silahkan, Anda sendiri yang menilai.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

2 komentar: