Peristiwa Langka, Kesejajaran Tiga Bulan Jupiter


Senin, 19 Januari 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Peristiwa Langka, Kesejajaran Tiga Bulan Jupiter

Satu lagi, sebuah peristiwa langka akan terjadi di planet Jupiter. Peristiwa ini hanya akan terjadi lagi sampai tahun 2032 nanti. Dimana tiga buah bulan milik Jupiter yaitu Callisto, Io, dan Europa akan terlihat saling berjajar membentuk kesejajaran yang luar biasa.

Bulan Callisto adalah bulan yang pertama kali yang akan meninggalkan jejak bayangan di permukaan Jupiter, setelah itu diikuti dengan bulan Io yang akan menutupi bulan Callisto, kemudian barulah bulan Europa yang akan berada di bagian depan. Peristiwa langka ini akan berlangsung selama 25 menit saja, bayang-bayang dari ketiga bulan akan kembali terlihat, dan Io akan memimpin pertama kali keluar dari deretan.

Baca Juga:

Peristiwa Langka, Kesejajaran Tiga Bulan Jupiter

Pandangan yang terbaik untuk menyaksikan peristiwa ini adalah sekitar pukul 12:27 CST (China Standard Time) pada tanggal 24 Januari 2015.

Sebagai bonus tambahan dalam peristiwa langka ini, dimana adanya gerhana bulan yang diakibatkan oleh bulan Io yang melewati bayangan Callisto. Sehingga untuk pengamat di Bumi, sejenak akan melihat bulan Io yang redup selama 18 menit.

Peristiwa Langka, Kesejajaran Tiga Bulan Jupiter

Perlu diketahui, planet Jupiter adalah planet terbesar dalam tata surya. Ia memerlukan waktu selama 11,86 tahun Bumi untuk melakukan satu orbit lengkap Matahari.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

1 komentar: