Rahasia Tersembunyi ditemukan di Peta Columbus


Selasa, 16 Juni 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Sebuah Peta yang dipelajari oleh Columbus sebelum pelayaran trans-Atlantik itu telah dibersihkan menggunakan perangkat lunak komputer. Peta yang telah dibuat oleh kartografer Jerman bernama Henricus Martellus ini adalah peta yang sangat rinci yang disusun pada abad ke-15 dan diduga telah digunakan oleh Christopher Columbus sendiri dalam pelayarannya.

Peta itu disumbangkan ke Universitas Yale pada tahun 1962 namun setelah ratusan tahun peta tersebut mulai memudar secara dramatis sehingga sulit untuk melihat semua tulisan asli dan rinciannya.

Rahasia Tersembunyi ditemukan di Peta Columbus 1491
Peta kondisi asli yang sudah memudar

Rahasia Tersembunyi ditemukan di Peta Columbus 1491
Peta setelah melalui pencitraan multispektral

Berbagai upaya pun dilakukan. Bahkan untuk mengatasi masalah ini, tim peneliti telah menggunakan teknik yang dikenal sebagai pencitraan multispektral yaitu melibatkan gambar peta ke dalam dua belas warna yang berbeda dan kemudian menganalisa gambar menggunakan software komputer khusus.

Baca Juga:

"Kami sudah pulihkan informasi lebih dari yang kami harapkan," kata pemimpin proyek Chet Van Duzer.

Bahkan, metode ini mengungkap sejumlah besar rincian yang sebelumnya tersembunyi di peta termasuk berbagai deskripsi tekstual dari orang-orang yang tinggal di berbagai belahan dunia pada saat itu, seperti suku 'Panotii' dari Asia Selatan yang dikatakan memiliki telinga begitu besar sehingga bisa digunakan sebagai kantong tidur.

Para peneliti mempelajari peta juga menemukan bahwa Martellus telah menggunakan beberapa sumber yang berbeda saat membuatnya, termasuk peta Egiptus Novelo dan teks dari 'The Travels of Marco Polo'.

"Itu selalu menarik untuk mempelajari bagaimana orang memahami dunia pada periode tertentu dalam sejarah," kata Van Duzer. "Akhir abad ke-15 adalah waktu ketika gambaran orang-orang dari dunia berubah begitu cepat."

"Bahkan dalam karir Martellus sendiri, apa yang telah ia tunjukkan tentang dunia telah berkembang secara dramatis."

Berikut ini beberapa teks tersembunyi yang ditemukan pada peta setelah melalui pencitraan:

Rahasia Tersembunyi ditemukan di Peta Columbus 1491
Gambar multispektral menunjukkan rincian yang hilang sebelumnya di peta Afrika Martellus yang menunjukkan pembuat peta menggunakan data Jerman dari sumber Afrika, tidak mengeksplorasi Eropa.

Rahasia Tersembunyi ditemukan di Peta Columbus 1491
Sebuah kotak teks di Samudera Hindia memperingatkan tentang orca, "raksasa laut yang seperti matahari ketika bersinar, bentuknya hampir tidak dapat dijelaskan, kecuali bahwa kulitnya lembut dan tubuhnya besar."

Rahasia Tersembunyi ditemukan di Peta Columbus 1491
Teks ini ditemukan di Afrika Utara yang mengatakan "Di sini ada hutan rimba besar di mana ada singa, macan tutul besar, dan banyak hewan lain yang berbeda dari kita."

Rahasia Tersembunyi ditemukan di Peta Columbus 1491
Teks di bagian peta Asia selatan menggambarkan tentang "Panotii" orang yang konon memiliki telinga yang begitu besar, mereka bisa menggunakannya sebagai kantong tidur.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

1 komentar: