Berapa Lama Tidur yang Anda Butuhkan?


Senin, 09 Februari 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] The National Sleep Foundation telah merilis rekomendasi baru berkaitan dengan waktu lamanya tidur. Berapa banyak tidur yang Anda butuhkan tergantung pada usia Anda.

Untuk membuat pedoman baru, National Sleep Foundation mengumpulkan panel ahli dalam ilmu tidur serta anatomi dan fisiologi, pediatri, neurologi, gerontologi dan ginekologi. Penemuan ini dipublikasikan dalam jurnal Sleep Health: The Official Journal of the National Sleep Foundation.

Berapa Lama Tidur yang Anda Butuhkan?

Jika kita kurang tidur, akan berhubungan dengan timbulnya masalah kesehatan. Banyak sekali faktor yang dapat mengganggu kenyamanan tidur kita, misalnya saja hidup dengan penuh hutang yang belum bisa kita lunasi akan mengganggu pikiran dan waktu tidur sehingga dapat menyebabkan kecemasan, depresi, bahkan meningkatkan risiko kanker payudara dan penyakit jantung. Namun, terlalu banyak tidur juga bisa sama buruknya dengan terlalu sedikit. Tidur lebih dari 10 jam setiap malam akan meningkatkan risiko obesitas, stroke, diabetes, dan kesehatan mental yang buruk.

Baca Juga:

Saat menginjak usia anak-anak, rentang tidur adalah cerita yang berbeda. Tidur mereka justru akan dapat membantu pertumbuhan dan mengembangkan otak. Anak-anak membutuhkan lebih banyak istirahat. Anda akan melihat bahwa bayi yang baru lahir membutuhkan sekitar dua kali lebih banyak tidur jika dibandingkan dengan orang dewasa, dan waktu tidur mereka akan berkurang ketika usia mereka bertambah.

Perubahan pola tidur direkomendasikan dan difokuskan pada anak-anak serta remaja, dan panel menambahkan dua kategori usia baru berdasarkan temuan tentang kebutuhan tidur: Dewasa Muda dan Dewasa yang lebih Tua. Waktu tidur mereka berbeda-beda, berdasarkan hal ini maka ada pengelompokan untuk masing-masing umur, diantaranya terbagi menjadi bayi yang baru lahir, bayi, balita, anak-anak prasekolah, anak-anak usia sekolah, dan remaja. Pada usia tersebut cenderung waktu tidur bertambah dan berkurang. Satu-satunya rentang tidur yang tidak berubah adalah untuk orang dewasa usia 26-64 tahun.

Nah, untuk membantu Anda melihat perbandingan rentang waktu tidur yang dibutuhkan dari berbagai usia, berikut ini adalah data yang bisa saya bagikan untuk Anda yang saya peroleh dari National Sleep Foundation:

  • bayi yang baru lahir (0-3 bulan) : 14-17 jam
  • bayi (4-11 bulan) : 12-15 jam
  • balita (1-2 tahun) : 11-14 jam
  • anak-anak prasekolah (3-5 tahun) : 10-13 jam
  • anak-anak usia sekolah (6-13 tahun) : 9-11 jam
  • remaja (14-17 tahun) : 8-10 jam
  • orang dewasa muda (18-25 tahun) : 7-9 jam
  • orang dewasa (26-64 tahun) : 7-9 jam
  • orang dewasa yang lebih tua (65 tahun ke atas) : 7-8 jam

Semoga data diatas dapat membantu Anda dalam mengatur pola waktu tidur yang baik bagi tubuh Anda. Dengan tidur yang teratur, tubuh kita akan segar dan sehat. Insya Allah.. ^_^

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

5 komentar:

  1. @Aditya Pratama: sama-sama sob..

    BalasHapus
  2. info yg bermanfaat mas, mksh ya mas, ini bs utk pelajaran bagi saya dlm menerapkan wkt istirahat utk si kecil

    BalasHapus
  3. @Fitriyana: sama2 mbak, salam bwt si kecil ya

    BalasHapus
  4. berarti wktu tidurku gak normal nih mas

    BalasHapus