Mungkinkah, Kaca Mars Menyimpan Bukti Kehidupan?


Senin, 15 Juni 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Ekplorasi planet Mars masih terus dilakukan untuk mencari bukti-bukti kehidupan yang mungkin pernah ada disana. Dari hasil penelitian, telah ditemukan adanya deposit kaca di permukaan Mars terutama pada daerah kawah Mars yang diduga berpotensi mengandung jejak-jejak bentuk kehidupan kuno.

Kaca, yang ditemukan oleh Mars Reconnaissance Orbiter tersebut diperkirakan telah terbentuk oleh panas yang dihasilkan pada saat serangan meteorit. Para ilmuwan pun mempelajari bahan yang terdapat dalam kaca di Bumi, dan yakin bahwa bisa saja ada bentuk-bentuk kehidupan yang terawetkan di kaca Mars, sehingga membuka kemungkinan kita menemukan bukti kehidupan tersebut.

Mungkinkah, Kaca Mars Menyimpan Bukti Kehidupan
Para peneliti telah menemukan deposito kaca (hijau) terawetkan di kawah Mars.
Photo Credit: NASA

Baca Juga:

Kembali pada tahun 2014 para peneliti di Brown University bahkan telah berhasil menemukan molekul organik yang telah tersegel di dalam gelas akibat dampak meteorit di Bumi jutaan tahun yang lalu.

Berdasarkan fakta tersebut, deposito kaca di Mars dapat dijadikan target menggiurkan untuk misi masa depan.

"Analisis peneliti menunjukkan deposito kaca adalah fitur dampak relatif umum di Mars," kata pihak NASA, Jim Green. "Daerah ini bisa menjadi target untuk eksplorasi di masa depan sebagai misi penjelajahan ilmiah robot kami untuk membuka jalan dalam perjalanan ke Mars dengan manusia di tahun 2030-an."

Semoga saja, misi masa depan nanti akan dapat menghasilkan sesuatu yang benar-benar akan membuka misteri tentang kehidupan di luar Bumi.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. amin semoga saja misi masa depan nanti akan dapat menghasilkan sesuatu yang benar-benar akan membuka misteri ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, misteri ini sudah lama bgt bikin penasaran byk org

      Hapus