Diduga Kuat Terdapat Kehidupan di Bulan Eroupa


Sabtu, 30 Mei 2015
Label:

[Sains Box] Europa, salah satu nama bulan di planet Jupiter yang terkenal telah menjadi pusat perhatian bagi para ilmuwan yang mencari jejak-jejak kehidupan di luar Bumi.

Badan antariksa telah menggaris bawahi misi mendatang untuk menentukan apakah bulan dingin Jupiter ini benar-benar dihuni. Diduga salah satu bulan Jupiter telah menjadi rumah bagi lautan air cair yang terletak jauh di bawah kerak es tebal, bulan Europa tetap menjadi salah satu tempat yang paling menjanjikan untuk mencari kehidupan dalam tata surya kita.

Dalam misi baru nanti yang dijadwalkan mulai pada tahun 2020-an, NASA akan menggunakan total sembilan instrumen yang berbeda untuk memastikan apakah bulan Jovian juga memiliki kemungkinan akan kondisi yang mendukung kehidupan.

Diduga Kuat Terdapat Kehidupan di Bulan Eroupa
Bulan Jovian dilihat dari Europa oleh Voyager 2 pada pertemuan dekat Senin pagi, 9 Juli 1979

Baca Juga:

Para ilmuwan telah lama menduga bahwa panas naik dari dasar laut bawah tanah di bulan Europa bisa menyediakan lingkungan yang layak huni untuk bentuk kehidupan primitif dalam banyak cara yang sama seperti ventilasi hidrotermal yang memberikan surga bagi bentuk kehidupan di relung terdalam dari lautan bumi.

"Setelah lima miliar tahun dengan kondisi seperti itu, itu bisa menjadi tempat yang sangat layak huni," kata pihak NASA, Jim Green. "Kami percaya lingkungan disana sangat sempurna untuk pengembangan potensi kehidupan."

"Jika kita benar-benar menemukan kehidupan atau indikasi kehidupan, ini akan menjadi langkah besar ke depan dalam pemahaman kita tentang tempat kita di alam semesta ini. Jika ada kehidupan di tata surya dan Europa khususnya, itu berarti juga ada di mana-mana, di galaksi kita, dan bahkan mungkin di alam semesta."

Dan kita berarti terbukti tidak sendirian di alam semesta ini.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar