Mendeteksi Penyakit Melalui Kondisi Kaki Anda


Kamis, 11 Juni 2015
Label:

[Sains Box] Semua anggota tubuh kita saling berhubungan satu dengan yang lain. Manakala ada salah satu anggota tubuh yang sakit ataupun kondisi kesehatan tubuh kita sedang menurun, maka anggota tubuh yang lainnya akan berusaha memberitahu kepada kita melalui berbagai macam tanda-tanda.

Misalnya saja kaki. Jika tubuh Anda sedang memiliki masalah pada kesehatan, cukup dengan mempelajari kondisi kaki Anda saja, maka Anda bisa mengungkap apa yang sedang terjadi pada tubuh Anda. Dari mulai kekurangan vitamin hingga ke masalah tiroid, kaki Anda dapat memberitahu Anda lebih banyak tentang kesehatan Anda lebih daripada yang Anda harapkan.

Mendeteksi Penyakit Melalui Kondisi Kaki Anda

Baca Juga:

Nah, berikut ini beberapa kondisi kaki yang dapat menjadi penanda kesehatan yang dialami tubuh Anda:

1. Kaki Dingin

Hipotiroidisme, atau kelenjar bawah tiroid aktif, dapat berdampak pada tubuh Anda dalam beberapa cara, termasuk kaki Anda. Apakah kaki Anda selalu dingin? Jika iya, maka berarti Anda sedang mengalami gejala dari penyakit ini. Selain dari kaki dingin, gejala-gejala lain dari hipotiroidisme adalah kulit kering, kelelahan dan berat badan buruk yang tidak dapat dijelaskan. Jika gejala ini Anda rasakan, segera hubungi dokter Anda.

2. Rambut Kaki Sedikit

Sedikitnya rambut pada kaki Anda dan jari kaki mungkin merupakan tanda bahwa Anda tidak memiliki sirkulasi tubuh yang terbaik. Hal ini terutama berlaku jika Anda sudah melihat rambut rontok di kaki Anda. Satu hal yang dapat Anda lakukan yaitu menguji nadi pada pergelangan kaki Anda. Jika Anda tidak dapat menemukannya, maka segeralah menghubungi dokter Anda.

3. Kering dan Kulit Seperti Bersisik

Jika Anda melihat kulit pada kaki Anda, terutama di antara jari kaki nampak luar biasa kering, bersisik dan gatal, infeksi jamur ini mungkin pelakunya. Perlakukan daerah yang sakit dengan solusi sesuai kondisi yang sakit, namun jika ragu hubungi saja dokter.

4. Jari-jari Kaki Bengkak dan Nampak Besar

Jika kaki Anda sakit, bengkak, merah dan jempol kaki hangat merupakan ciri-ciri dari encok. Bahkan, banyak orang menemukan bahwa mereka memiliki asam urat karena masalah dengan jempol kaki mereka. Penyakit seperti arthritis dan encok disebabkan oleh adanya peningkatan kadar asam urat dalam aliran darah. Meskipun sering dikaitkan dengan konsumsi daging yang berlebihan, namun lebih dari 1 dalam 10 kasus encok berkaitan langsung dengan diet.

5. Kesulitan Berjalan

Jika kaki Anda sulit untuk berjalan, mungkin ada sejumlah masalah yang sedang terjadi. Diantaranya kesulitan menyerap kalsium, patah tulang tidak terdiagnosis dan anoreksia. Jika Anda mengalami kesulitan berjalan, jalan terbaik adalah berbicara dengan dokter Anda

6. Kaki Bau

Nah, ini dia kasus yang paling sering dijumpai. Memiliki kaki bau sebenarnya tidak selalu dikaitkan dengan adanya tanda-tanda tubuh yang tidak sehat. Justru kaki yang bau menandakan kaki Anda tidak terjaga kebersihannya. Cuci kaki Anda secara teratur. Jika Anda sering memakai kaus kaki, pakailah kaus kaki katun, dan jika Anda sering berkeringat, maka disarankan memiliki kaus kaki cadangan yang banyak, agar bisa menggantinya ketika sudah kotor. Tips lainnya adalah jangan memakai sepatu yang sama setiap hari.

7. Mati rasa yang Tidak dapat dijelaskan

Jika kaki Anda merasa mati rasa, ada beberapa kemungkinan penyebabnya, salah satunya adalah duduk terlalu lama, tetapi bisa juga menjadi tanda adanya penyakit yang lebih serius, termasuk Multiple Sclerosis, yaitu kerusakan saraf dan Fibromyalgia.

8. Sering Kram dan Kaku

Jika Anda sering menemukan kaki Anda kejang otot, tapi berlebihan atau tampak seperti cedera otot, namun tidak diketahui pelakunya, maka Anda sedang dalam dehidrasi atau memiliki salah satu dari sejumlah kodisi berkaitan dengan vitamin dan mineral. Kalium, kalsium dan bahkan tingkat terlalu rendah natrium dalam aliran darah dapat membuat Anda lebih rentan terhadap timbulnya kejang otot yang menyakitkan ini.

Nah, kondisi mana yang sedang Anda alami saat ini?

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

2 komentar:

  1. kalo saya paling kaki kesemutan mas,hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kesemutan itu berhubungan dgn nomor 7 mas.. hati2 loh... kalo keseringan itu jg tanda2 bahaya adanya penyakit dlm tubuh

      Hapus