Diet Makanan Bisa Pengaruhi Suasana Hati


Kamis, 19 Maret 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Ternyata, suasana hati (mood) yang sedang Anda rasakan itu terkadang terpengaruh dari apa yang sudah Anda makan, hal ini juga berkaitan erat dengan diet yang Anda lakukan. Makanan yang Anda pilih sangat berperan aktif membentuk suasana hati Anda saat itu juga.

Walaupun mungkin tampaknya cukup berbahaya, apa yang Anda pilih untuk makan siang dapat mempengaruhi bagaimana perasaan Anda sepanjang sore. Kita semua tahu tentang 'rasa lapar', begitu kondisi kita sedang lapar, kita akan secara langsung menjadi lebih rewel dan bahkan marah-marah tanpa sebab. Dan sebaliknya, setelah Anda mengobati lapar itu dengan makan, saat itu juga langsung mengurangi kondisi mental Anda menjadi jauh lebih tenang.

Diet Makanan Bisa Pengaruhi Suasana Hati

Baca Juga:

Melihat kondisi alami seperti inilah, dapat disimpulkan bahwa apa yang kita makan dapat mempengaruhi suasana hati kita. Mengapa demikian? Nah, berikut ini alasannya:

1. Neurotransmitter. Ada alasan bahwa cokelat di kenal di seluruh dunia untuk meningkatkan kebahagiaan, selain kesenangan. Hal ini sarat dengan neurotransmitter serotonin, alias bahan kimia bahagia. Banyak makanan lain yang juga mengandung neurotransmiter, seperti dopamin dan triptofan, dalam jumlah yang bervariasi, misalnya bayam, kalkun, biji-bijian, dan alpukat. Meskipun tidak dalam jumlah yang sangat besar, makanlah makanan yang bervariasi dari makanan yang bisa membantu dalam memciptakan suasana hati yang baik. Terlebih lagi, makanan tertentu, terutama makanan pemberi kenyamanan, mendorong pelepasan endorfin, dimana sudah dikenal sebagai kelompok yang kuat dari penguat suasana hati.

2. Kadar gula. Paling jelas, fluktuasi kadar gula darah Anda dapat memiliki dampak yang luar biasa pada suasana hati. Gula darah rendah dapat menyebabkan mudah tersinggung. Di sisi lain, lonjakan tajam dalam gula darah dapat memberikan rasa merasa-baik sebelum akhirnya mengarah kepada keputusasaan. Sebuah ide yang baik untuk menjaga suasana hati Anda tetap stabil adalah untuk mempertahankan kadar gula darah yang seimbang dengan diet rendah gula yang ditambahkan, dikombinasikan dengan cukup protein, lemak, dan serat.

3. Psychobiotics dan usus. Koneksi otak ke usus tidak bisa dibantah. Sistem pencernaan Anda tidak hanya memiliki efek mendalam pada berat badan dan sistem kekebalan tubuh, tetapi mereka mempengaruhi penampilan mental anda juga. Mereka dikenal sebagai psychobiotics - bagian dari probiotik - hanya digambarkan sebagai bakteri yang ditemukan dalam makanan tertentu yang dapat membantu memberikan bahan kimia yang dapat meningkatkan suasana hati ke otak. Penelitian telah mengisyaratkan bahwa konsumsi secara teratur jenis probiotik dapat memiliki dampak yang baik pada suasana hati Anda hingga ke otak.

4. Alergen dan kepekaan. Tidak diketahui atau diabaikan kepekaan terhadap makanan dapat membuat Anda merasa kurang mengagumkan. Gejala seperti kembung, jerawat, dan kelesuan dapat menghancurkan bahkan yang terbaik dari suasana hati. Jika Anda telah merasakan gejala mengarah ke hal itu, maka perhatikan penyebabnya seperti gluten, susu, telur, kacang-kacangan, dll. Pertimbangkan untuk tidak memakannya selama masa percobaan dua minggu dan nilai kembali bagaimana yang Anda rasakan.

5. Defisiensi (kekurangan). Memiliki terlalu sedikit vitamin atau mineral tertentu dalam sistem tubuh anda dapat dengan mudah mengurangi suasana hati Anda. Vitamin B, asam lemak omega-3, folat, dan magnesium adalah komponen penting untuk pikiran yang seimbang. Jika Anda kekurangan semua itu, hal yang mungkin adalah terpengaruhnya suasana hati Anda, sehingga menghilangkan mood Anda. Satu multivitamin yang baik adalah tempat yang bagus untuk memulai, dan Anda dapat menyesuaikan diet Anda dari sana. Tentu saja, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memulai setiap rejimen suplemen baru.

Sementara itu, olahraga juga merupakan faktor penting, selain dari makan makanan sehat yang beragam. Makanan sehat dapat memiliki dampak yang luar biasa pada apa yang Anda rasakan setiap harinya.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar