Misteri Kemunculan 'Awan Jamur' di Mars


Minggu, 15 Maret 2015
Label:

[Sains Box] Sebuah gambar dari 'awan jamur' di Planet Merah telah menarik perhatian teori konspirasi. Gambar tersebut berhasil ditangkap oleh satelit ruang angkasa India saat mengorbit di Mars, gambar kontroversial itu telah dipuji oleh beberapa orang sebagai bukti bahwa sesuatu yang tidak biasa masih terjadi di atas permukaan planet Mars.

Dalam gambar foto itu sangat jelas menunjukkan apa yang tampak seperti awan jamur besar naik di atas sebuah area Mars yang dikenal dengan nama Valles Marineris Canyon, foto itu memang terlihat relatif meyakinkan mengingat bahwa bentuknya cukup berbeda dan bahkan tampak seperti tercipta adanya bayangan.

Misteri Kemunculan Awan Jamur di Mars

Sementara beberapa peneliti telah berspekulasi bahwa awan jamur bisa disebabkan oleh dampak asteroid atau runtuhan dalam ngarai, namun menurut penulis Dr John Brandenburg menyatakan pendapatnya bahwa apa yang nampak seperti awan jamur tersebut bisa jadi akibat adanya ledakan nuklir.

Baca Juga:

Sementara itu seorang ahli Astrobiologis bernama Dr Jonathan Horner dari University of Southern Queensland memberikan penjelasan yang agak lebih layak mengenai apa sebenarnya awan jamur misterius itu.

"Ini hanya seperti salah satu gambar trik sulap tipuan mata, dimana mata tertipu dan mencoba untuk melihat sesuatu yang sebenarnya bukanlah apa-apa," katanya.

Misteri Kemunculan Awan Jamur di Mars

Tampaknya bahwa "ledakan nuklir" sebenarnya tidak mungkin menjadi sesuatu yang lebih dari ilusi optik.

Entahlah, mana yang benar... Mars masih tetap menyimpannya sebagai bagian dari misteri.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar