Dinosaurus Punah Bukan Karena Asteroid


Selasa, 27 Januari 2015
Label:

[Sains Box] Teori yang sebelumnya beredar di kalangan ilmuwan menyatakan bahwa kepunahan masal yang terjadi pada dinosaurus itu disebabkan karena adanya asteroid yang menabrak permukaan bumi, sehingga memusnahkan semua kehidupan yang ada di muka bumi, termasuk diantaranya para dinosaurus. Serta merubah jaman.

Kini, teori tersebut bukanlah satu-satunya yang dipercayai kebenarannya. Pasalnya para ilmuwan mulai mengemukakan sebuah teori yang baru, dimana menurut mereka yang menyebabkan kepunahan masal bagi dinosaurus bukanlah asteroid melainkan musim dingin yang berkepanjangan.

Dinosaurus Punah Bukan Karena Asteroid

Meskipun ada sedikit keraguan bahwa asteroid besar yang pernah menabrak planet kita pada akhir era Cretaceous adalah faktor kontribusi utama dalam hilangnya dinosaurus, namun mekanisme yang tepat di mana batu angkasa membawa kematian mereka terus tetap menjadi persoalan dalam beberapa perdebatan.

Baca Juga:

Teori konvensional menggambarkan sebuah planet bermandikan api neraka yang luas serta cukup panas untuk menyalakan vegetasi dan menghapus sebagian besar penduduk bumi dalam waktu yang singkat.

Dr Claire Belcher dan timnya di Universitas Exeter memiliki teori yang berbeda.

Dengan menganalisis efek dari tungku panas pada kehidupan dan non-kehidupan para ilmuwan mampu menentukan bahwa dampak asteroid tidaklah cukup panas untuk menyebabkan terjadinya kebakaran meluas dan menyebabkan kepunahan masal, namun jauh lebih mungkin bahwa dinosaurus malah punah selama jangka waktu dalam kondisi musim dingin yang terjadi saat itu.

"Kami tidak mengatakan bahwa asteroid tidak memusnahkan dinosaurus, hanya itu mungkin tidak menyebabkan badai api global yang sudah dianggap oleh kebanyakan orang sebagai akibat dari dampak yang memusnahkan dinosaurus tersebut," katanya.

"Ini membalik pemahaman kita tentang efek dari dampak pada intinya dan berarti bahwa palaeontolog mungkin perlu mencari petunjuk baru dari fosil yang ditemukan untuk lebih memahami kepunahan massal itu."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar