Cara Mudah Melepas Freewheel Sepeda


Selasa, 12 Mei 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Cara Mudah Melepas Freewheel Sepeda

Saya paling hobi sekali bersepeda, meskipun sepeda yang saya punya bukanlah sepeda yang bagus, asalkan bisa membawa saya jalan-jalan tanpa kendala itu saja sudah lebih dari cukup. Namun, memiliki sepeda, kita dituntut untuk merawat dan memeliharanya. Nah, bagian ini nih yang seringkali malas saya lakukan. Alhasil, kemarin sepeda saya mengalami masalah pada bagian gear roda belakangnya, atau yang biasa kita kenal dengan nama “Freewheel”.

Freewheel sepeda saya mungkin sudah aus, sehingga saat sepeda digowes, tidak mau jalan alias diam di tempat. Haha.. untung kejadian ini tidak terjadi pas di jalanan nanjak, bisa dibayangin sendiri kan..

Cara Mudah Melepas Freewheel Sepeda
sumber gambar

Mungkin karena rasa keingintahuan saya begitu besar, maka saya coba untuk memperbaikinya sendiri. Begitu saya berhasil melepas semua bagian roda, ada satu kendala yang jujur baru saya ketahui (maklum baru saja belajar jadi montir). Ternyata untuk melepas freewheel dari tempatnya itu diperlukan kunci khusus pembuka freewheel. Awalnya saya pikir mudah, tidak memerlukan alat khusus. Tapi setelah tahu, akhirnya terpaksa saya berburu alat khusus tersebut di toko-toko sepeda. Hasilnya cukup mengejutkan, sebab dari 5 toko sepeda yang datangi tidak satu pun yang menjualnya, bahkan mereka tidak mengetahui alat tersebut, aneh bukan?

Baca Juga:

Lalu, saya tidak kehabisan akal, saya minta bantuan mbah Google. Saya searching dengan kata kunci “alat pembuka freewheel”. Nah, muncul deh penampakan alatnya. Ternyata alatnya kecil bentuknya seperti baud nomor 24. Jadi untuk memutarnya kita perlu kunci nomor 24.

Setelah tahu bentuknya, saya juga searching di internet tempat yang menjualnya. Ternyata banyak juga yang menjualnya secara online. Dengan didorong rasa keingintahuan saya untuk bisa membongkar freewheel, maka saya pun melakukan “belanja online”. Setelah dapat alatnya, langsung deh dipraktekin. Supaya tidak kehilangan momen menarik saat pertama kali jadi montir, maka saya pun merekamnya ke dalam bentuk video.



Nah, bagi Anda yang saat ini sedang mengalami masalah yang sama seperti saya, silahkan Anda tonton video pertama saya di Youtube. Namun, sebelum menontonnya persiapkan terlebih dahulu peralatan yang diperlukan untuk mengganti freewheel. Berikut alat-alatnya:

  • Kunci khusus pelepas freewheel
  • Kunci inggris, atau kunci nomor 24
  • Palu (bisa diperlukan, bisa juga tidak. Diperlukan jika Anda tidak kuat memutar kunci pembuka freewheelnya, maka cukup diketok aja pake palu)

Cara Mudah Melepas Freewheel Sepeda

Setelah ketiga alat diatas sudah dipersiapkan, silahkan tonton video tutorialnya di bawah ini:

VIDEO MELEPAS FREEWHEEL

Mudah bukan? Gak sampe 3 menit kok...

*******

Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

6 komentar:

  1. Makasih mas ilmunya.. jd tau cara melepas freewheel

    BalasHapus
  2. Makasih ilmunya mas.tapi di toko mana ya biar bisa daetin kunci freewheelnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari di toko online sob, di internet byk yg jual. kemarin saya juga dpt beli di bukalapak dot com. coba aja cari disitu. Murah kok.

      Hapus
  3. Cara terkahir diketok pake palu ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, betul, kalo udh kepepet, susah2 banget ketok aja pake palu. Tp resiko kerusakan yg lain tanggung sendiri ya. soalnya udah saya coba :D

      Hapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.