Danau Yang Bisa Menghilang Setiap Tahun


Minggu, 10 Mei 2015
Label:

[Sains Box] Ada sebuah danau yang aneh, danau tersebut selama musim dingin akan terisi air namun jika musim panas datang, air danau tersebut akan lenyap seluruhnya.

Selama bertahun-tahun danau yang bernama Lost Lake di Oregon ini menjadi sebuah teka-teki yang unik. Danau yang memiliki luas 85 hektar ini, merupakan danau yang biasa-biasa saja, memiliki air yang sama seperti danau lainnya setiap musim dingin dan hujan.

Namun, ketika cuaca yang lebih hangat tiba, sesuatu yang sangat aneh terjadi. Air danau perlahan mulai menghilang sampai tidak ada yang tersisa dan menjelma menjadi padang rumput hijau yang subur. Seluruh siklus ini kemudian akan berulang lagi dan lagi secara tahunan.

Danau Yang Bisa Menghilang Setiap Tahun

Baca Juga:

Penjelasannya, ternyata, terletak pada dua tabung lava berongga yang ada di bagian bawah danau yang terus menguras air melalui terowongan bawah tanah.

"Air danau mulai terisi ketika akhir musim gugur, saat jumlah hujan yang datang mulai melebihi kemampuan dari kapasitas tabung lava untuk mengalirkan air," kata juru bicara Jude McHugh.

"Dan itu terus mengisi semua musim dingin yang panjang dalam serangkaian hujan atau badai salju."

Pada puncak musim hujan permukaan air danau mencapai sekitar 9 kaki, tapi setelah musim panas tiba dan hujan berhenti air mengalir keluar melalui lubang-lubang, meninggalkan hamparan danau yang benar-benar kosong. Benar-benar unik.

Penasaran? Intip videonya dibawah ini.

NGINTIP VIDEO AH

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

1 komentar:

  1. Danau kok aneh. bisa asat atau kering. Hilangnya karena airnya terserap ketanah.

    BalasHapus