Pesawat Hipersonik Akan Siap di Tahun 2023


Kamis, 04 Juni 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Pentagon dan Angkatan Udara AS bekerja pada pengembangan senjata dan pesawat hipersonik. Teknologi yang sedang dibangun melalui usaha gabungan dari Air Force Research Laboratory dan lengan penelitian Pentagon ini, akan dilanjutkan pengembangannya, setelah sebelumnya pada tahun 2013, sukses menjalani tes pada pesawat X-51 Waverider scram jet hipersonik yang berhasil mencapai kecepatan lebih dari Mach 5.

"X-51 benar-benar bukti dari uji konsep," kata Kepala Ilmuwan Angkatan Udara, Mica Endsley. "Ini menunjukkan bahwa Anda bisa mendapatkan mesin scram jet, memulainya dari pesawat yang bisa melesat dalam kecepatan hipersonik."

"Pesawat ini dapat melaju lebih dari Mach 5 hingga kehabisan bahan bakar. Ini merupakan ujian yang sangat sukses dari sistem senjata hipersonik udara."

Pesawat Hipersonik Akan Siap di Tahun 2023

Baca Juga:

Tindak lanjut untuk X-51, yang telah direncanakan akan selesai pada tahun 2023 nanti, serta akan mengusahakan membangun kendaraan udara yang stabil yang dapat membawa sistem pembinaan dan bahan lainnya sambil mempertahankan kecepatan yang sama yang sudah dicapai selama penerbangan uji coba.

"Apa yang mereka coba lakukan sekarang adalah membangun seluruh sistem sehingga bukan hanya tentang mesin saja," ungkap Endsley. "Anda harus memiliki bahan yang dapat beroperasi pada jenis suhu yang Anda miliki ketika Anda akan melaju dengan kecepatan hipersonik."

"Ada sekelompok tantangan teknologi yang harus ditangani untuk membuat sistem berfungsi dan bekerja dengan baik."

Dalam teori pesawat hipersonik bisa terbang dari New York ke Los Angeles hanya dalam waktu 30 menit saja, luar biasa! Namun, percepatan ekstrim akan membuatnya tidak praktis untuk membawa pilot manusia atau penumpang, disinilah tantangan itu.

Akan tetapi, sebagai senjata atau platform mata-mata, pesawat hipersonik ini cenderung sangat berharga.


*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

3 komentar:

  1. Balasan
    1. iya, keren dan canggih... sayangnya blm bisa diksh pilot

      Hapus
  2. jd ngebayangin, gmn nasib penumpangnya kalo secepat itu? pd rontok semua kali ya, hihi

    BalasHapus