7 Kebiasaan Ini Bikin Anda Panjang Umur


Jumat, 19 Juni 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Siapa yang tidak ingin bisa hidup sehat? Bahkan semua orang pasti menginginkan bisa memiliki umur yang panjang. Beberapa aturan dasar untuk bisa mewujudkan hal itu harus Anda penuhi setiap hari, diantaranya makan dengan baik, tidak merokok, rajin berolahraga, dan menghindari segala macam kegiatan berbahaya.

Namun, diluar daripada itu, ada beberapa kebiasaan kecil namun mengejutkan, yang tidak ada salahnya Anda masukkan ke dalam kehidupan sehari-hari Anda. Konon katanya, kebiasaan-kebiasaan berikut ini dapat membantu kita meraih hidup yang sehat dan panjang umur. Anda mau?

7 Kebiasaan Ini Bikin Anda Panjang Umur

Baca Juga:

Berikut kebiasaan-kebiasaan tersebut:

1. Mengurangi Mandi. Anda pasti terkejut dan bertanya-tanya, bukankah mandi dapat membersihkan tubuh dari bakteri yang membawa penyakit? Memang, meskipun Anda berasumsi bahwa dengan membersihkan diri, Anda akan merasa lebih sehat. Namun, membiarkan kulit kita mendapatkan sedikit kotor dapat mengekspos beberapa jenis bakteri yang baik dan mendorong produksi minyak alami. Banyak sabun di pasaran justru menghilangkan minyak pelindung kulit dan bakteri baik, membuat organ terbesar tubuh kita lebih rentan terhadap penuaan dini, eksim, alergi, dan kurang siap untuk menangkal penyakit. Untuk itu cobalah mulai sekarang kurangi waktu mandi Anda, atau menggunakan pembersih yang lebih alami untuk menjaga integritas kulit Anda.

2. Bekerja untuk mencapai tujuan. Orang yang memiliki tujuan dalam hidupnya dan mencoba meraih tujuan hidup itu, sudah dijamin ia akan hidup lebih lama. Penentuan nasib sendiri telah terbukti meningkatkan rentang hidup seseorang, meskipun ia cenderung menjadi workaholic, namun dengan mereka memiliki tujuan dicapai meskipun ada kesulitan, seringnya lebih merasakan bahagia dalam hidup. Nah, orang yang lebih merasakan bahagia, ia akan hidup lebih lama. Untuk itu carilah sesuatu yang Anda nikmati sehingga memberikan beberapa tujuan hidup Anda, dan capailah kebahagiaan.

3. Tertawa. Tertawa sangatlah baik untuk Anda. Kegiatan yang satu ini dapat menurunkan kadar kortisol, meningkatkan suasana hati, serta menurunkan tekanan darah dan bahkan membuat Anda tampil lebih menarik. Bagaimana Anda bisa tertawa lebih? Kelilingi diri Anda dengan teman-teman, terutama yang positif, yang meningkatkan gairah hidup Anda. Sebaliknya, jika Anda bergaul dengan orang-orang negatif atau kritis justru akan mendorong hal-hal negatif ke dalam hidup Anda sendiri. Maka dari itu, pandailah dalam memilih teman.

4. Bersihkan rumah Anda. Berbeda dengan kulit Anda, rumah Anda perlu dibersihkan secara teratur. Satu, karena rumah yang rapi dan teratur, tentunya sudah dipastikan higienis dan akan memberikan kenyamanan. Dua, karena rumah rapi bersih dapat mengurangi stres Anda. Dan tiga, karena olahraga ringan saat membersihkan rumah tentunya baik untuk tubuh Anda.

5. Makan yang pedas-pedas. Tidak hanya makanan tetapi rempah-rempah seperti kari ternyata penuh dengan antioksidan, akan tetapi mereka dapat membantu memperpanjang umur Anda. Kunyit, kari, dan paprika pedas semuanya telah terbukti memiliki dampak anti-inflamasi pada tubuh. Tentu, dengan berkurangnya peradangan tubuh serta oksidasi yang meningkat dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan Anda, dan membantu kehidupan yang lebih panjang.

6. Jangan sembrono. Mereka yang lebih teliti memiliki risiko lebih rendah menderita penyakit daripada mereka yang pemarah, kurang percaya diri, atau neurotik. Bersikap baik kepada orang lain dan melihat kehidupan secara positif, maka peluang Anda untuk hidup lebih lama dapat meningkat secara dramatis.

7. Bermeditasi. Meditasi adalah praktek yang kuat di mana Anda dapat menurunkan tingkat stres dan membersihkan stres mental Anda. Karena manfaatnya yang sangat besar, juga telah diusulkan untuk dimasukkan ke dalam kebiasaan baik yang dapat memperpanjang hidup. Ada kemungkinan bahwa meditasi meningkatkan aktivitas enzim yang berperan dalam perbaikan telomere. Telomere yang panjang dan sehat dapat mencegah kromosom dari penguraian, sehingga telomere yang sehat berarti sel-sel sehat dan reproduksi sel juga baik. Jadi, pada tingkat sel, meditasi dapat benar-benar bekerja untuk memperlambat proses penuaan.

------
Sementara ini, tidak ada satu rahasia untuk hidup panjang, kunci untuk umur panjang tampaknya terletak pada gaya hidup yang positif. Maka dari itu, nikmati hidup Anda, baik kepada diri sendiri juga orang lain, makan dan olahraga secara bijaksana, akan membuat hidup Anda jauh lebih baik dari yang Anda harapkan.


*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar