Gempa di Nepal Telah Menggeser Gunung Everest


Rabu, 17 Juni 2015
Label:

[Sains Box] Sungguh teramat dahsyat kekuatan gempa ini yang telah berhasil menggeser gunung Everest dari tempatnya semula. Gunung tertinggi di dunia itu bergeser hingga tiga sentimeter akibat adanya gempa yang melanda Nepal pada bulan April kemarin.

Para peneliti dari China telah mengungkapkan bahwa gempa berkekuatan dahsyat 7,8 magnitude tersebut yang melanda base camp di kaki Gunung Everest dan menelan korban 18 pendaki beserta suku Sherpa benar-benar telah berhasil memindahkan gunung Everest bergeser tiga sentimeter ke barat daya.

Gempa di Nepal Telah Menggeser Gunung Everest

Baca Juga:

Sebelum gempa terjadi, gunung Everest memang sudah bergerak secara bertahap ke arah yang berlawanan hingga pada satu dekade berada pada tingkat sekitar empat sentimeter per tahun.

Namun, menurut para ilmuwan, meskipun gunung tersebut telah bergeser, tetap tidak mempengaruhi ketinggiannya. Bagaimanapun juga ketinggian gunung pada 29,029 kaki tetap tidak berubah.

Gempa di Nepal Telah Menggeser Gunung Everest

Gempa di Nepal merupakan gempa yang terdahsyat, apalagi diikuti gempa kedua yang melanda dua minggu kemudian telah menyebabkan kerusakan yang luas dan lebih dari 8.700 orang tewas serta setengah juta rumah hancur.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(sky)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar