8 Kebiasaan Berikut Ini Dapat Merusak Rambut


Kamis, 04 Juni 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Berbicara tentang rambut, biasanya yang lebih banyak memperhatikan adalah kaum hawa. Tapi itu bukan berarti kaum adam tidak pernah merawat rambut mereka. Tentu tidak! Siapa saja yang ingin memiliki rambut sehat, terawat, dan terlihat sempurna tentunya harus rajin melakukan perawatan setiap hari. Mulai dari memberikannya nutrisi secara langsung, maupun melalui makanan yang kita konsumsi.

Namun, adakalanya kebiasaan yang kita lakukan baik itu kebiasaan yang disengaja maupun tidak, ternyata bisa juga menyebabkan kerusakan pada rambut kita. Kerusakan itu akan terlihat secara langsung maupun secara perlahan-lahan. Mulai dari rambut yang rontok, patah, dan sebagainya.

Nah, bagi Anda yang menginginkan memiliki rambut yang terlihat sempurna, silahkan Anda pelajari beberapa hal kebiasaan dalam hidup kita yang konon katanya dapat berpengaruh kepada rambut. Apa sajakah itu?

8 Kebiasaan Berikut Ini Dapat Merusak Rambut

Baca Juga:

1. Gaya Hidup

Jangan salah tentang hal itu, gaya hidup Anda memiliki dampak pada rambut Anda. Apa yang Anda makan, berapa banyak Anda tidur dan bagaimana stres Anda dapat membuat Anda mempengaruhi rambut Anda, apakah rambut akan terlihat bagus, mengkilap, kuat atau kering, rapuh, rambut tipis, dan sebagainya. Diet kaya protein, zat besi, vitamin E dan vitamin D, akan membuat rambut Anda tampak hebat. Tidak cukupnya waktu tidur, stres kronis, justru dapat menyebabkan rambut rontok. Jadi jagalah gaya hidup sehat Anda.

2. Melahirkan

Bungkusan kecil dari sukacita ini tidak selalu meninggalkan rasa gembira bagi Anda. Ternyata, hal ini juga berpengaruh pada keadaan rambut Anda. Selama masa kehamilan, peningkatan kadar estrogen membuat rambut Anda tampak hebat. Terlihat lebih tebal, lebih bersinar dan lebih lembut. Namun, setelah Anda melahirkan, tingkat estrogen akan menurun, dan banyak perempuan kehilangan kondisi rambut terbaik mereka. Akan tetapi Anda tidak perlu takut, kondisi ini hanya sementara, sebab kebanyakan wanita menemukan bahwa rambut mereka kembali ke keadaan normal seperti sebelum hamil ketika melampaui satu tahun setelah melahirkan.

3. Memakai Topi

Anda perlu topi untuk tetap hangat di musim dingin, tapi memakai topi sepanjang waktu justru dapat menyebabkan kerusakan pada rambut Anda. Kehangatan yang dapat menyebabkan kepala Anda berkeringat dan menjadi berminyak, dan menyebabkan rambut kusut serta rusak. Topi wol adalah pelaku terburuk.

4. Mandi Air Terlalu Panas

Panas sering dapat mempengaruhi kondisi rambut Anda. Air panas membuat rambut Anda dehidrasi, dan dari waktu ke waktu menyebabkannya lebih rapuh dan mudah rusak. Panas juga dapat merusak kulit kepala Anda.

5. Menyikat berlebihan

Menyikat rambut Anda terlalu banyak dapat strip kutikula setiap rambut, membuat rambut Anda terlihat kusam, dan bahkan menyebabkan kerusakan.

6. Sikat Rambut yang Kotor

Bersihkan sikat Anda seminggu sekali. Atau lebih setiap hari itu lebih baik. Sebab, minyak alami rambut Anda dan semua produk-produk rambut alami yang Anda gunakan lama-kelamaan akan menumpuk di sikat Anda. Itu berarti bahwa semua kotorannya akan langsung kembali ke rambut Anda jika Anda tidak membersihkannya secara teratur. Menggunakan sikat tua, sikat yang usang tidaklah begitu baik. Hal ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala Anda. Maka hati-hatilah dalam menggunakan sikat rambut.

7. Terlalu Sering Terkena Sinar Matahari

Sama seperti matahari dapat merusak kulit Anda, juga dapat merusak rambut Anda. Sinar yang kuat dapat membuat lapisan pelindung rambut Anda terkelupas, meninggalkannya kering, keriting dan sulit untuk ditata. Secara teratur gunakanlah conditioner dan masker rambut, hal ini dapat membantu mencegah terjadinya beberapa kerusakan pada rambut.

8. Penyalahgunaan Ikat Rambut

Mengenakan ikat rambut, memang memberikan Anda rasa kenyamanan, tapi menempatkan karetnya terlalu erat di rambut Anda justru dapat menyebabkan kerusakan dan bahkan bisa membuat rambut patah. Setidaknya dengan menata rambut agar lebih nyaman adalah cara yang baik daripada mengikatnya. Atau gunakan ikat rambut yang wajar-wajar saja.

----------
Nah, kedelapan kebiasaan di atas, baik kebiasaan yang dilakukan secara rutin maupun tidak, secara tidak langsung memang bisa membuat rambut rusak. Untuk itu, usahakanlah agar Anda dapat mengurangi kebiasaan tersebut. Khusus untuk poin 2, itu pengecualian... ^_^

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. terimakasih infonya mba sangat bermanfaat sekali ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mbak, tp jgn panggil aku mba donk, aku ini laki2 loh... ^_^

      Hapus